Kanal

Bupati Bengkalis Serahkan Beasiswa Khusus Rp4,27 Miliar Untuk 381 Mahasiswa

PELITARIAU, Bengkalis- Tahun ini, Bupati Bengkalis Herliyan Saleh menyerahkan beasiswa khusus kepada 381 mahasiswa anak tempatan dan untuk mahasiswa dari Komunitas Adat Terpencil (KAT) berprestasi di Kabupaten Bengkalis. Masing-masing dengan total sebesar Rp3,126 miliar dan Rp1,152 miliar atau mencapai Rp4,27 miliar lebih.

Dibandingkan pada 2013 lalu, jumlah penerima beasiswa khusus hanya berjumlah 292 mahasiswa. Di 2014 ini pemberian beasiswa tersebut meningkat 30,48 persen.

Penerima bantuan beasiswa khusus melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Bengkalis tersebut, mereka yang menempuh pendidikan di lima perguruan tinggi yang ada dan di luar daerah Kabupaten Bengkalis. Dengan predikat berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Beasiswa bagi mahasiswa dari KAT diperuntukkan ke 76 orang umumnya kuliah di Riau dan Pulau Jawa. Jumlah beasiswa jenis kedua ini, untuk beasiswa prestasi non akademik 9 mahasiswa, beasiswa KAT 26 mahasiswa dan beasiswa prestasi akademik 41 orang.

Sedangkan untuk mahasiswa tempatan, Politeknik Negeri Bengkalis 79 orang, STIE Syari’ah Bengkalis 101 orang, STAIN Bengkalis 90 orang, STAI Hubulwathan Duri 24 orang dan Amik Mitra Gama Duri 87 orang.

“Pada 2015 mendatang, jumlahnya akan ditingkatkan menjadi 1.000 orang,” optimis Bupati Bengkalis Herliyan Saleh ketika menyampaikan sambutan penyerahan di Balai Kerapatan Adat Sri Mahkota, Bengkalis, Kamis (11/12/14) kemarin malam.

Herliyan memaparkan, program beasisiswa untuk anak tempatan dan khusus ini, diberikan bagi mahasiswa berprestasi dengan perekonomian orang tua-nya tergolong ekonomi kurang mampu, petani, buruh, pekerja tidak tetap dan nelayan serta tamatan SMA sederajat pada 2010 hingga 2013.

“Syarat lain, mahasiswa bersangkutan atau salah satu dari orang tuan-nya harus lahir di Bengkalis. Siapa saja yang berhak menerimanya ditentukan tim verifikasi dan diinterview terlebih dahulu,” paparnya.

Sebagai salah satu program prioritas dan jaminan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bengkalis (Pemkab) Bengkalis terus melakukan berbagai upaya mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Melalui beasiswa ini, anak-anak tempatan, khususnya dari keluarga kurang mampu dan KAT, bisa duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan yang lain dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pinta Herliyan.

Penyerahan beasiswa khusus tersebut, juga tampak hadir Wakil Bupati Bengkalis Suayatno, Sekretaris Daerah Burhanuddin dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Bengkalis. Seperti dilansir riauterkini.com.

 

Editorial : Ramdana Yudha


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER