Kanal

3 Arahan Jokowi agar Pengusaha Tak Lakukan PHK Massal

PELITARIAU, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tiga arahan kepada jajaran menterinya agar pengusaha bisa bertahan dan tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Ini untuk kesekian kalinya, Jokowi meminta pengusaha tidak melakukan PHK massal akibat pandemi Covid-19.

"Oleh sebab itu diperlukan penyelamatan, diperlukan stimulus ekonomi yang menyentuh sektor sektor yang paling terdampak karena sektor rill ini menyerap banyak tenaga kerja dan kita harapkan mereka mampu bertahan dan tidak melakukan PHK," kata Jokowi dalam Rapat Terbatas secara virtual, Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Berikut arahan Jokowi agar pengusaha tak lakukan PHK massal:

Pertama. Assessment yang cepat terhadap seluruh sektor riil yang terdampak. Tolong dipisah-pisahkan, dipilah-pilahkan secara detil sektor apa yang paling parah, sektor apa yang dampaknya sedang, sektor apa yang masih bisa bertahan dan justru bisa mengambil peluang.

Kedua. Jokowi meningatkan yang harus dibantu bukan hanya yang menengah dan yang kecil, tetapi juga usaha mikro. Ini penting sekali. Karena kemarin juga bicara usaha kecil dan menengah. Jokowi nilai tiga ini menjadi sangat penting. Usaha mikro, usaha kecil, sehingga stimulus ekonomi harus menjangkau sektor-sektor ini. Tetapi juga jangan dilupakan yang berkaitan dengan sektor-sektor informal. Karena ini banyak juga menampung tenaga kerja.

Ketiga. Skemanya betul-betul terbuka, transparan, dan terukur. Sektor apa mendapatkan stimulus apa dan bisa bisa menyelamatkan tenaga kerja berapa dan semua dihitung.  Jokowi minta diverifikasi secara detil, dievaluasi secara berkala sehingga efektivitas ekonomi betul-betul bisa dirasakan sektor riil. **Prc5

sumber: Okezone.com


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER