Kanal

MDKP dan MDP Banglas Meranti Banjir Usulan

PELITARIAU, Selatpanjang - Kegiatan Musyawarah Desa Khusus Perempuan dan Musyawarah Desa Perencanaan (MDKP-MDP) di Desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (10/12) siang dibanjiri usulan program. Sedikitnya tercatat ada 30 usulan yang masuk, 4 diantaranya akan menjadi usulan prioritas.


Demikian diungkapkan Fasilitator Kegiatan PNPM MPd Kecamatan Tebingtinggi, Arwin Asri SE, usai menghadiri kegiatan itu. Menurutnya, usulan-usulan yang belum menjadi prioritas dalam kegiatan MDKP-MDP tersebut, akan dimasukkan dalam review Rencana Program Jangka Menengah (RPJMDes) di Desa Banglas.

“Selama ini masyarakat masih terfokus pada usulan perencanaan kegiatan PNPM saja, sebenarnya kegiatan itu bisa menampung semua usulan atau masalah yang ada di tiap RT, RW, Dusun di Desa Banglas. Jadi tadi sebagian besar juga masuk usulan kegiatan fisik yang akan diajukan dalam Musyawarah Antar Desa (MAD),” ujarnya.

Empat usulan prioritas yang ditetapkan dalam MDKP-MDP Desa Banglas untuk diajukan ke tingkat MAD di Kecamatan, kata Arwin, antara lain usulan pembangunan Drainase Jalan Bambu Kuning, Drainase Jalan Pemuda Setia Ujung, Drainase Jalan Nikmatullah dan Pelatihan keterampilan menjahit beserta pengadaan peralatannya.

“Dari usulan tadi sebenarnya mencapai 30 usulan, namun yang bisa diajukan dalam Musyawarah Antar Desa hanya empat usulan prioritas. Cuma usulan lainnya yang belum menjadi prioritas tetap dicatat oleh Pemerintah Desa dan Kelembagaan Desa dalam berita acara untuk masuk dalam RPJMDes,” ungkapnya.

Pelaksanaan MDKP dan MDP itu, jelas Arwin, tidak hanya fokus pada masalah program Simpan Pinjam Perempuan atau kegiatan PNPM saja, namun secara umum mengakomodir setiap usulan kalangan perempuan.

“Urusan perempuan kan tidak hanya menyangkut simpan pinjam, namun juga mencakupi seluruh masalah yang ada di lingkungan Ibu-ibu. Kegiatan MDKP dan MDP ini memang dilaksanakan dalam mengakomodir usulan dari kaum perempuan,” terangnya (kor. nto)

 

Editorial: rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER