Kanal

Komersialisasi Bandara Halim Perdanakusuma

Merdeka.com - Beban yang harus ditanggung Bandara Soekarno Hatta sudah terlalu berat. Tergolong ke dalam sepuluh bandara tersibuk di dunia.
 
Pada 2009, bandara ini mencatat jumlah 212.000 penerbangan. Jumlah ini melonjak tajam menjadi 309.000 penerbangan sepanjang 2010 dan terus bertambah hingga 345.000 dan 381.000 di tahun 2011 dan 2012.
 
Jadi jangan heran jika pesawat yang hendak lepas landas (take off) harus antre dan menunggu giliran. Pun demikian untuk pesawat yang hendak mendarat (landing). Pesawat harus berputar-putar di angkasa sambil menunggu giliran mendarat.
 
"Ibarat bak berisi air, itu air sudah meluap," ujar pengamat penerbangan Alvin Lie kepada merdeka.com, beberapa waktu lalu.
 
Kondisi itu terjadi pada jam-jam sibuk, antara pukul 05.00-09.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB. Otoritas bandara sudah kewalahan menghadapi persoalan kepadatan dan kesibukan Bandara Soekarno Hatta yang kini sudah berada di titik nadir.
 
Imbasnya tidak hanya dirasakan maskapai penerbangan, tapi lebih ke pelayanan terhadap konsumen. Jika pesawat kerap mengalami delay di Bandara Soekarno Hatta, ini salah satu penyebabnya.
 
Medio 2012, otoritas Bandara yakni Angkasa Pura II memunculkan wacana mengurangi beban Bandara Soekarno Hatta dengan memindahkan sebagian penerbangan. Tidak ada pilihan lain, Bandara Halim Perdanakusuma pun dikomersialisasikan.
 
Artinya, Bandara Halim yang selama ini hanya digunakan untuk penerbangan pesawat pribadi, pesawat latihan TNI AU, sekolah penerbangan dan kedatangan tamu negara, mulai digunakan untuk penerbangan komersil. "Tidak ideal tapi pemerintah tidak punya pilihan lain," ucap Alvin.
 
Bandara Halim dikomersilkan melalui Keputusan Menteri No 369 yang dikeluarkan pada 25 Mei 2013. Dalam rapat yang digelar Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura II, dan TNI AU, terhitung mulai 10 januari 2014, setiap harinya ada 64 penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta yang dipindah ke Bandara Halim.

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER