Kanal

Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, TNI Polri Lakukan Penyemprotan Secara Serentak di Riau

PELITARIAU, Pekanbaru - TNI dan Polri memperoleh gelar penyemprotan cairan serentak di 12 kabupaten Riau, Selasa (31/03/20). Ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, SH, MSi, mengatakan penyemprotan cairan disinfektan ini merupakan salah satu langkah yang berpotensi untuk mencegah penyebaran virus di Wuhan, Cina itu.


"Hari ini semua elemen masyarakat bergotong royong ke jalan, kampung, kantor, tempat ibadah dan sarana umum lain," katanya.


Lanjutnya, kegiatan yang dipimpin oleh Gubernur Riau selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini melibatkan 3802 personel gabungan TNI-POLRI-dan Elemen masyarakat. Dimana didukung alat semprot manual ke perkampungan yang padat penduduk.


Semua personil dan perlengkapan tersebut bergerak secara serentak di seluruh wilayah di provinsi Riau sesuai rute yang telah ditentukan hingga ke pelosok perkampungan padat penduduk guna memutus penularan Covid-19 di Provinsi Riau,” bebenya.


Dirincinya, jumlah personel yang dilibatkan dalam kegiatan ini mencapai 3.802 orang. Yakni 200 personil Polda Riau, 1.655 Polres Jajaran, 408 personil TNI, 197 Personil BPBD, 147 Personil PMK, 357 Personil Satpol PP, 480 Personil dari Relawan dan Banser serta didukung oleh 358 orang Tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.


Sementara, peralatan yang diterjunkan berupa kendaraan 21 unit Mobil AWC, 113 unit Ran Public Addres Binmas, 1 unit Ran KBR Brimob, 22 unit Ran Public Addres Lantas, 45 unit Ran PMK, dan 152 unit Ran Double . Tidak lupa semua personil menggunakan alat perlengkapan perlindungan berupa 1.325 kotak masker, 321 unit APD, 501 Unit Hand sprayer, 50 unit Alat semprot dan menghabiskan cairan desinfektan dengan total keseluruhan 59,7 TON.


Untuk pelaksanaan di Pekanbaru di bagi atas empat zona, A, B, C dan Zona D. Zona A, tim pertama menyemprot disinfektan dengan rute Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jembatan Siak IV-Jalan Sudirman Ujung-Jalan Sembilang-Jalan Paus-Jalan Yos Sudarso-Universitas Lancang Kuning.


Sedangkan Tim Kedua di Zona A bertugas menyemprot mulai dari Tugu Zapin-Jalan Jendral Sudirman-Jalan Siak 4-Jalan Sembilang-Jalan Kayangan-Jalan Yos Sudarso dan RSDC.


Sementara itu, Zona B Tim I meliputi Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Arifin Ahmad-Jalan Soekarno Hatta-Pasar Pagi Arengka. Sedangkan Tim II meliputi Tugu Zapin-Jalan Jendral Sudirman-Jalan KRD Nasution-Universitas Islam Riau (UIR).


Zona C, Tim I dengan rute Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai-Tugu Songket-Jalan SM Amin-Jalan HR soebrantas-UIN Suska. Tim II Zona C mulai dari Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan soekarno-hatta-Jalan Riau-Polsek Payung Sekaki.


Selain itu, Zona D Tim I selain Tugu Zapin-Jalan Gajah Mada-Jalan Diponegoro-Jalan Hangtuah-Plaza ternak. Tim IIutup Tugu Zapin-Jalan Gajah Mada-Jalan Diponegoro-Jalan Imam Munandar-Tribun Pekanbaru.


"Tim juga melaksanakan penyemprotan terhadap pemukiman masyarakat yang ada di belakang Mall Living Wolrd." tambah Kapolda Riau.


Gubernur Riau, Syamsuar sangat mengapresiasi langkah antisipasi yang dilakukan oleh TNI Polri ini. Pihaknya juga sangat berterima kasih kepada seluruh personel yang ikut berjibaku untuk pindah Covid-19.


"Semoga langkah ini bisa menjadi benteng sekaligus pemutus rantai penyebaran dan penularan Virus Corona di Riau," tutupnya. ** prc4


sumber: riauterkini


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER