Kanal

Daftar Daerah di RI dengan Status Tanggap Darurat dan KLB Corona

PELITARIAU, Jakarta  - Meskipun belum ada opsi kuncian di Indonesia, peringkat lokal telah menyetujui status tanggap darurat dan Kejadian Luar Bisa untuk virus corona. Warga meminjam untuk menjauhi keramaian, menjaga jarak, hingga beraktivitas di rumah untuk dipindahkan.

Per Jumat (20/3), angka penderita corona di Indonesia mencapai 369 orang. Sebanyak 32 orang meninggal dunia dan 17 lainnya berhasil pulih.

Berikut ini adalah daftar daerah yang telah menerapkan tanggap darurat dan KLB:

1.DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meningkatkan status Tanggap Darurat COVID-19. Dengan adanya status baru ini, Anies berharap, semua peningkatkan penularan korona, baik itu untuk Pemprov, TNI-Polri, juga warga Jakarta.

"Ini ditentukan untuk 14 hari ke depan dan bisa diperpanjang menyesuaikan dengan kondisi terkini," ujar Anies, Jumat (21/3).

Anies juga meminta semua perusahaan untuk menghentikan kegiatan perkantoran dan menginstruksikan pegawai untuk bekerja dari rumah. Selain itu, Anies juga menutup tempat wisata, bar, hingga bioskop selama dua pekan.

Jakarta menjadi wilayah terparah penularan corona. Tercatat ada 224 orang ditolak, 20 meninggal dunia, dan 13 dinyatakan pulih. Ada 66 orang yang terisolasi mandiri.

2. Kepulauan Riau

Kamis (19/3), Pemprov Kepri mengatur tanggap darurat setelah ada tiga warga positif korona, 39 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 144 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto Isdianto berharap masyarakat tidak terlibat dalam masalah tersebut, asal dapat mengurangi diri sendiri untuk keluar rumah. Gugus Tugas pemeliharaan COVID-19 akan meningkatkan protokol pencegahan percepatan wabah corona.

"Jangan ganggu, tapi ayo kita sama-sama, lakukan pertengkaran, dengan ganti diri sendiri, keluarga dan anak," katanya dilansir Kepripedia.

3.DIY

Status tanggap darurat bencana virus korona di DIY berlaku per 20 Maret-29 Mei 2020. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana, perlu mencari langkah-langkah masif untuk mencegah penularan.

"Makanya nanti dengan status itu maka harapannya kita memiliki payung untuk melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan SK itu," kata Biwara dihubungi media kebangkitan, Jumat (20/3).

"Kemudahan dalam mengakses sumber daya, perlengkapan yang diperlukan. Karena kita tahu, sekarang kan kebutuhan disinfektan, APD, masker, kebutuhan-kebutuhan lain yang banyak. Sumber dananya (dari) APBD. Statusnya BTT), "katanya.

Di Yogyakarta, sudah ada 4 orang positif terjangkit virus corona.

4.Boror

Pemerintah Kota Bogor menetapkan status KLB korona setelah Wali Kota Bima Arya dinyatakan korona positif tertular.

Bima Arya positif COVID-19 pada 20 Maret usai melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan pada awal Maret Belum diketahui di mana ia tertular, karena sebelum ke Turki ia juga sempat menghadiri acara GPIB di Hotel Aston pada 26 Februari. Seminar itu menjadi salah satu lokasi penularan corona yang telah menjangkiti 4 peserta.

Saat ini, ada 41 orang di Jawa Barat, termasuk Bogor, positif terjangkit corona. Sebanyak 7 di disetujui meninggal dunia.

5.kalimantan Barat

Kalimantan Barat menetapkan KLB per Rabu, 18 Maret. Ini disponsori setelah ada 342 orang di Kalimantan Barat berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait corona. Sebanyak 10 orang diterjemahkan di ruang isolasi dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 2 di disetujui positif corona.

Mengutip Hi! Pontianak, Pemprov Kalbar telah mengirim surat kepada bupati dan wali kota di Kalbar, untuk mengeluarkan status KLB demi mengeluarkan angka corona.

Dengan ditetapkannya KLB di Kalbar, pihaknya dapat menggerakkan SDA dan lebih serius menggunakan wabah tersebut.

6. Boboogoro

Bupati Bojonegoro menetapkan KLB nonalam untuk mencegah corona. Bojonegoroo meminta aktivitas di sekolah dirumahkan sementara sejak 16 Maret-21 Maret.

Dilansir Berita Bojonegoro, Pemerintah Bojonegoro juga meminta polisi mengawal masyarakat untuk mengingatkan tindakan menjaga jarak sosial dan menghapus kegiatan di luar rumah. Tentang menghindari acara yang dihadiri banyak massa. Terlebih, sudah ada 45 kasus positif di Jawa Timur dan 1 pasien meninggal.

7.Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan Banten dalam kondisi KLB corona. Sudah dikeluarkan, salah satunya meliburkan sekolah selama 2 pekan.

Selain itu, Wahidin menginstruksikan agar para pejabat tidak melakukan upacara dan apel bersama, menyiapkan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

"Menerima kunjungan kerja dan tidak menerima kunjungan kerja dari luar Banten hingga batas waktu Kejadian Luar Biasa (KLB) ini disetujui berakhir," ujar Wahidin.

Di Banten, ada 37 orang terjangkit corona. Sebanyak 1 orang meninggal dunia dan 1 lainnya berhasil dipulihkan.

8.Kalimantan Timur

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberlakukan kebijakan penguncian lokal selama 2 pekan sejak Selasa, 17 Maret 2020. Penguncian lokal yang melibatkan seluruh warga untuk rumah dan aktivitas yang melibatkan banyak orang.

"Kita akan mengadakan rapat yang disebut dengan kuncian lokal," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi pada saat rapat rapat pers seusai rapat (16/3), dilansir Karja.

"Kalau kuncian kata kunci tidak boleh masuk, tidak boleh keluar. Kita boleh kuncian lokal, bisa lihatfektif mungkin aktivitas di luar," tambah Hadi.

Saat ini, Pemprov Kaltim telah meliburkan anak-anak dan menerima UN. Langkah ini diambil untuk diambil penyakit COVID-19. Terlebih, sudah ada 10 orang di Kaltim positif corona. ** prc4

sumber:  kumparan


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER