Kanal

PT. RAPP Pamerkan Alat Pemantau Udara Kendali Jarak Jauh

PELITARIAU, Selatpanjang -Tim PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menampilkan alat canggih pemantau kawasan jarak jauh yang dikendalikan melalui system komputerisasi pada Pameran Meranti Expo 2014, Kamis (4/12) sampai Jumat (7/12) di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selat Panjang.

 

Alat tersebut difungsikan untuk melakukan monitoring udara terhadap kondisi kawasan yang rentan atau sedang terjadi kebakaran, serta aktifitas perambahan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Fire and Aviation Assistant RAPP, M. Yuwana mengatakan alat yang bernama Phantom Vision II itu memiliki empat baling-baling (propeller) seperti helicopter yang dikendalikan jarak jauh mampu merekam gambar dalam bentuk foto maupun video. Dengan ketinggian mencapai 1.000 kaki dan jarak tempuh sejauh 1.2 km dari titik awalnya, alat tersebut juga dapat dimonitor melalui aplikasi khusus di perangkat smartphone baik android maupun appstore.

 

“Ini adalah alat patroli udara memantau luas ke kondisi kebakaran, perambah, dan juga banjir. Ini bisa mendeteksi kebakaran yang ada di lokasi kita, alat ini juga dilengkapi camera 14 MP (mega pixel.red) yang tersambung melalui satelit dan memiliki fungsi autohome atau bisa pulang sendiri ketika kehilangan sinyal atau dalam waktu darurat,” ungkap Yuwana.

 

Tampak juga, tim RAPP di Meranti Expo mencoba mengoperasikan alat tersebut di halaman kantor Bupati Kepulauan Meranti. Melalui phantom vision II itu, tampak pemandangan dari atas atau Foto Udara suasana kegiatan Meranti Expo 2014, Jumat (5/12), di Selat Panjang.(kor. nto)

 

Editor: rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER