Kanal

Pemkab Meranti Dorong Kemandirian Pangan Lokal

PELITARIAU, Selatpanjang - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, terus berupaya mewujudkan kemandirian pangan yang pada intinya adalah pemenuhan pangan dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki secara efisien dan kearifan lokal.


Demikian dikatakan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, dalam sambutannya saat upacara peringatan Hari Pangan Se-Dunia (HPD) Ke-34 di halaman Kantor Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Kamis (4/12). Menurutnya, sangat penting menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi.

"Peringatan HPD ke-34 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan momentum untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti," ujarnya.

Dikatakannya, Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sumberdaya pangan lokal yang potensial yaitu sagu, diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pangan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap beras dan gandum.

"Ini adalah satu point bagi masyarakat Kepulauan Meranti untuk dapat mewujudkan Kemandirian Pangan sesuai dengan Visi dan Misi Presiden Jokowi. Dimana kemandirian Pangan pada intinya adalah pemenuhan pangan dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki secara efisien dan kearifan lokal," kata Irwan.

Untuk mewujudkan kemandirian pangan, menurut Bupati, perlu dilakukan secara bertahap melalui proses pemberdayaan masyarakat dalam mengenali potensi dan kemampuannya, mencari alternatif peluang dan pemecahan masalah, serta mampu untuk mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam secara efektif, efisien dan berkelanjutan (kor. nto)

 

Editorial: rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER