Kanal

Berbagai Kendala dan Rintangan, Korban Tanah Longsor di Desa Rokan Koto Ruang Masih Tahap Pencarian

PELITARIAU, Rohul - Pencarian dugaan korban tanah longsor di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Kamis (05/12/2019) sekira pukul 09.00 Wib belum mendapatkan hasil namun kegiatan pencarian akan di lanjutkan esok hari dengan jumlah personil lebih banyak dan melibatkan semua unsur Polri, TNI dan Masyarakat.

Kapolres Rohul, AKBP Dasmin Ginting, SIK saat dikonfirmasi wartawan melalui Paur Humas Ipda Feri Fadli SH, Kamis (05/12/2019) mengatakan, kegiatan pencarian korban dugaan tanah longsor di Desa Rokan Koto Ruang di Mulai Sekira Pukul 09.00 Wib dengan menggunakan unit sinso, cangkul, sekop dan parang, dan alat dodos sawit.

Dijelaskanya, proses pencarian difokuskan di lokasi tumpukan tanah berisikan kayu dan batang kelapa sawit sekitar 200M dari posisi rumah awal. Tumpukan kayu dan batang kelapa sawit dipotong memakai Sinso, tumpukan tanah/lumpuh di buang memakai cangkul dan sekop.

"Kegiatan tersebut juga dilakukan dengan menggunakan Ministiker guna untuk membersihkan pasir yang Menumpuk. Selama memakai mesin Ministrike juga belum menemukan hasil. Hasil yang ditemukan berupa properti, dan Handphone milik Korban. dan untuk korban sendiri belum ditemukan," ungkap Ipda Feri.

Dikatakan Ipda Feri, Kendala yang di hadapi dalam pencarian yaitu medan yang terjal dan sulit di jangkau, sehingga alat berat belum dapat menuju lokasi dengan kondisi banyak longsoran tebing disekitar lokasi dan cuaca dilokasi tidak menentu, curah hujan tinggi dan lokasi yang tidak ada jaringan.

"Sekira pukul 18.20 Wib kegiatan pencarian di hentikan mengingat kondisi hari sudah mulai gelap dan cuaca tidak mendukung untuk dilakukan pencarian pada malam hari," ujarnya.

Lebih jauh lagi dikatakannya, kegiatan pencarian akan di lanjutkan esok hari dengan jumlah personil lebih banyak dan melibatkan seluruh unsur Polri dan TNI dibantu masyarakat dan back up oleh personil Polda Riau dan dari unit K9 dan penggunaan alat berat exkavator dan akan dilakukan penambahan Mini Striker.

Adapun Ikut dalam pencarian dugaan korban tanah longsor di Desa Rokan Koto Ruang adalah sebagai berikut, Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting,SIK, Sekda Rohul Abdul Haris, S.Sos M.Si, Tokoh Masyarakat Rohul Indra Gunawan atau ujang Lurah, Kepala Inspektorat Elfiskar, SH MH, Kasat Pol PP Kab.Rohul Aridarmarnto. Kasat Lantas Polres Rohul AKP Andrianto,SIK, Kasi Propam Polres Rohul IPTU Yohannes,SH, Paur Humas Polres Rohul IPDA Feri,SH, Camat Rokan IV Koto Alfarid Toha,SP.

Selanjutnya, Kapolsek Ujung batu AKP Amru Hutahuruk, SH, Kapolsek Rokan IV Koto IPTU Rusmizahlepi, SH, Danramil Rokan IV Koto, Kapt Arh Horas Simbolon, Kapolsek Rambah Samo IPTU Dedi Suwanto ,SH, Kades Rokan koto ruang Alexusanto, SIP, Kades Teluk Aur Muslim, SH, Personil Polres Rokan Hulu dan Jajaran 35 Pers, Personil Koramil Rokan IV Koto 7 Pers. Personil basarnas Provinsi Riau dan BPBD Rohul 15 Pers, Sat Pol PP 2 Pers, Masyarakat Desa Rokan Koto Ruang 30 Orang. Keluarga Korban dan Masyarakat Nias dari Kec. Rambah samo. **Din


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER