Kanal

Demi Masa Depan Bengkalis, Masuri Siap Berjuang Menjemput Amanah Rakyat

PELITARIAU, Pekanbaru - Kurang lebih 10 bulan lagi Pilkada serentak di seluruh Indonesia akan digelar. Di Riau terdapat 9 Kabupaten dan Kota yang ikut meramaikan kontestasi politik pemilihan Kepala Daerah termasuk salah satunya Kabupaten Bengkalis. 

Di kabupaten yang memiliki APBD tertinggi di Riau dan punya sumber daya alam yang kaya itu sejumlah bakal calon mulai mengapung. Sebutlah misalnya Masuri SH atau lebih populer dengan panggilan Mas Bagong. Selain itu ada Muhammad (wabup Bengkalis sekarang). Kemudian Kasmarni istri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, serta sejumlah nama lain turut meramaikan kontestasi tahun 2020.

Tanpa berpretensi menafikan balon atau figur lain, dari sekian banyak kandidat sosok Masuri banyak diperbincangkan publik. Tidak hanya di Bengkalis, di Pekanbaru Ibukota Provinsi Riau, Ia selalu disebut sebut punya peluang besar untuk menjadi orang nomor satu di Negeri berjuluk "Kota Terubuk".

Selain punya popularitas yang mumpuni sosok Masuri juga dinilai memiliki rekam jejak yang jelas serta terukur. Pengalaman panjang di dunia usaha plus memimpin sejumlah organisasi seperti Kadin, F-SPTI, IKJB serta organisasi lainnya, semakin memperkuat eksistensi, kapabilitas serta integritas untuk menghadapi pertarungan politik nanti. 

Tentu modal sosial yang lebih dari cukup ini belum dapat menjamin perjalanan Masuri mulus sampai ke puncak. Sebab dalam kontestasi politik elektoral Pilkada butuh sarana bernama Partai Politik sebagai salah satu prasyarat penting untuk dapat 'berlayar' menuju hari "H" pemilihan yang sesuai tahapan dijadwalkan pada tanggal 23 September 2020.

Untuk memenuhi prasyarat itu, Masuri bersama tim telah bergerak cepat melakukan pendekatan dengan sejumlah Partai Politik. Bahkan pria yang cukup merakyat ini telah mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon Bupati Bengkalis ke Partai PDIP, Partai Amanat Nasional dan Partai NasDem. 

Andai tiga Parpol ini mau mengakomodir dan mengusung nya sebagai Calon Bupati, maka syarat untuk 'berlayar' telah lebih dari cukup bahkan melebihi kuota 7 kursi sebagaimana diamanatkan oleh Undang undang. 

Itulah sebabnya, saat pendaftaran beberapa waktu lalu Masuri berharap kepada ketiga Parpol ini mau mengusungnya sesuai dengan ketentuan dan aturan main yang berlaku pada internal masing-masing Partai Politik itu. 

"Semua tahapan penjaringan hingga pendaftaran sudah kita lalui dengan baik. Namun seperti apa hasilnya nanti kita serahkan sepenuhnya pada masing-masing Partai. Saya hanya bisa berharap lewat tahapan ini dapat menjadi pertimbangan bagi sahabat sahabat saya di tiga Parpol baik di tingkat daerah terutama di tataran elit pusat sebagai penentu akhir untuk mengusung saya nantinya," ucap Masuri usai pendaftaran lalu. 

Meskipun telah selesai tahapan penjaringan dan pendaftaran, kata Masuri komunikasi dengan kawan kawan atau sahabat Parpol terus berjalan secara intens, berdiskusi tentang masa depan Bengkalis kedepan. Adu dan sharing gagasan tentang bagaimana pola yang tepat menjalankan Pemerintahan demi memajukan Bengkalis secara komprehensif yang dilandasi dengan pola "out of the box ", berfikir dan berinovasi secara terukur dan terstruktur. 

"Pola out of the box mau tidak mau, suka tidak suka harus kita lakukan, sebab kita sudah memasuki era disrupsi, pergeseran dari era konvensional ke digitalisasi dalam berbagai sektor khusunya yang berkaitan dengan ekonomi rakyat Bengkalis sebagai jantung kehidupan menuju kesejahteraan," kata Masuri. 

Kembali ke Partai Politik, sudah sejaumana hasilnya? Kepada wartawan, Sabtu (23/11/2019), "Insyaallah semangkin dekat berkat doa keluarga besar, kerabat dan tim serta masyarakat Bengkalis memudahkan jalan kita," kata Masuri diplomatis. 

Ia juga menyampaikan tidak akan pernah lelah berjuang demi masa depan kabupaten Bengkalis. 

"Kita terus berjuang untuk mendapatkan dukungan perahu guna menjemput amanah masyarakat demi perubahan Kabupaten Bengkalis yang lebih baik lagi kedepan," tandasnya. 

Unggul di Polling

Polling Pilkada Bengkalis versi Riau Pos per hari Senin (11/11/2019) menempatkan Masuri SH di urutan pertama dengan meraih 20,19 persen. Di urutan kedua menempel Bagus Santoso 14,47 persen. 

Sementara di urutan ketiga ditempati Pasla (10,07 %). Sedangkan urutan ke 4 hingga 9 masing masing Abi Bahrum (9,09%), Nur Azmi Hasyim (7,60%), Sanusi (7,55%), Syaukani Al Karim (6,57%), Aziun Asyari (6,54%), Kaderismanto (6,42%).

Seperti diketahui polling Pilkada ini merupakan aspirasi masyarakat pembaca harian Riau Pos. Dan dari beberapa kali hasilnya selalu menempatkan Masuri di urutan pertama. 

Ini menandakan begitu tingginya ekspektasi masyarakat Bengkalis terhadap sosok pilihan mereka untuk menjadi pemimpin di kabupaten berjuluk "Negeri Junjungan" itu. 

Pengamat politik Fauzi Kadir mengatakan polling atau survey secara elektoral memang belum bisa menjamin seseorang atau kandidat dapat memenangi pertarungan jabatan publik semisal Pilkada maupun Pileg dan Pilpres. 

Namun, sambungnya, hasil polling secara politis dapat mempengaruhi preferensi publik untuk menakar rekam jejak kandidat untuk kemudian menyukai sosok yang mereka idamkan jadi pemimpin di daerah konstutuen mereka. 

Terkait polling Pilkada Bengkalis versi Riau Pos yang menempatkan Masuri di urutan pertama, menurut Fauzi, dapat dimaknai sebagai sinyal positif dari masyarakat yang menginginkan sosok seorang Masuri dapat menjadi pemimpin yang membawa harapan baru di kabupaten Bengkalis. 

"Tentu hasil polling versi Riau Pos ini menunjukkan adanya keinginan yang kuat dari masyarakat Bengkalis terhadap sosok Masuri, " ulas Fauzi. 

Untuk itu, Fauzi memberi saran kepada Masuri agar dapat memanfaatkan hasil polling ini sebaik mungkin. "Terus lakukan pendekatan dengan masyarakat, paparkan ide dan gagasan yang bernas, kontekstual, solutif sesuai dengan keinginan masyarakat Bengkalis, " ujar Fauzi. 

Merespon hasil polling ini, Masuri yang dihubungi via whatsapp, Senin (11/11/2019) mengucapkan terima kasih kepada pihak Riau Pos yang telah memberikan kontribusi pembelajaran politik bagi masyarakat khususnya masyarakat Bengkalis. 

Ketua Kadin Bengkalis ini mengaku dirinya merasa tersanjung karena menempati posisi teratas. "Hasil polling ini semakin menambah semangat saya dan tim untuk terus melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat. Sekali lagi terima kasih," ucap Masuri. ** PRC


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER