Kanal

Siap-Siap Ops Zebra Tahun 2019, Menohok Pesan Kasatlantas Polres Inhu Kepada Pengendra

PELITARIAU, Inhu - Tertib berkendaraan di jalan raya, selamat dari ancaman kecelakaan lalulintas menjadi misi utama Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Indragiri hulu (Inhu) Riau, melengkapi Surat Izin Mengemudi (SIM) dan membawa surat-surat kendaraan saat berkendara bisa menimbulkan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Demikian dikatakan Kasatlantas Polres Inhu AKP Oka Mahendra Syahrial SE berbincang dengan PELITARIAU.com Jumat (18/10/2019) tentang pentingnya kesadaran pengendara berlalulintas di jalan raya. 

"Gunakan helm standar dan selalu membawa SIM dan surat kendaraan, pengendara roda empat harus menggunakan sabuk pengaman saat menyetir, ini bukan hanya saat operasi Zebra, namun kesadaran pengendra," kata Kasat Oka Mahendra.

Pada operasi Zebra yang akan dilaksanakan 23 Oktober hingga 5 November 2019 mendatang di seluruh jalan raya wilayah hukum Polres Inhu, ada 8 sasaran penindakan tegas yang akan dilakukan kepada pengendara, diantaranya adalah, menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan safety belt, kendaraan umum mekenaikan dan menurunkan penumpang di jalan raya dan melawan arus lalulintas.

 Pelanggaran lain yang akan ditindak tegas adalah, mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol, miras dan narkoba, mengemudikan kendaraan dibawah umur dan pengendara melebihi kecepatan batas maksimal serta pengemudi kendaraan roda empat menggunakan bahu jalan bukan peruntukannya.

Jika pelanggaran masih ditemukan dalam operasi Zebra di Inhu tahun 2019 ini, kata Kasat Oka, sanksi yang akan diberikan kepada pengendara adalah tilang. "Kita akan maksimalkan sanksi tilang pada operasi zebra nanti," ujar Kasat.

Kasat Oka menjelaskan, pengendara yang tertib berlalulintas, bisa menimbulkan rasa aman dan nyaman dan tidak cemas dengan hambatan di jalan raya. "Sedangkan upaya preventif dan preventif dalam tertib berlalulintas, terus kita galakan," ucapnya. **prc


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER