Kanal

Bantuan Presiden Rp. 300 Juta Untuk Buat 10 Dam Sungaitohor

PELITARIAU, Selatpanjang  - Bantuan Presiden RI, Ir Joko Widodo, yang diberikan kepada Abdul Manan, Ketua Majelis Dewan Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) di Sungaitohor, Kamis (27/11) kemarin, akan digunakan untuk pembuatan 10 buah Dam air di beberapa kanal.


Abdul Manan yang merupakan warga Desa Sungitohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, saat dikonfirmasi, Jumat (28/11) mengatakan, pengerjaan pembuatan Dam itu akan dilakukan secara bergotong-royong bersama masyarakat.

"Presiden membantu sebesar Rp300 juta. Dana itu dapat untuk membuat 10 buah Dam atau sekat air di kanal, guna mencegah kekeringan di lahan gambut. Nantinya akan dikerjakan oleh kelompok masyarakat secara bergotong-royong," ungkapnya.

Dijelaskannya, pembuatan Dam di kanal tersebut direncanakan akan berjarak 500 meter, dimana nantinya akan dibuat berbahan kayu. "Bahannya dari kayu dulu, kalau dibuat dari beton dana segitu tidak cukup," ujarnya.

Selain membuat Dam di lokasi kanal yang mengalirkan air ke lahan gambut milik masyarakat, lanjutnya, salah satu Dam juga akan dibuat di kanal yang dibuat oleh perusahaan dekat hulu sungai simpang kanan.

"Saat ini sudah masuk air laut dari hulu sungai simpang kanan ke kanal itu, karena hulu sungai simpang kanan sudah hampir bertemu dengan kanalisasi perusahaan PT LUM dan PT NSP. Kita takut nantinya air kanal tumpah ke laut dan menyebabkan kekeringan lahan gambut," jelasnya. (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER