Kanal

Pencegahan Karlahut, MPA Rantau Bakung Dilatih

PELITARIAU, Inhu - Pemerintah Desa Rantau Bakung Kecamatan Rengatbarat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu), Riau menggelar pelatihan pencegahan Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) bagi Masyarakat Peduli Api (MPA).Ppelatihan MPA itu dipusatkan dihalaman kantor kepala desa Rantau Bakung. 
 
“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota MPA dalam menanggulangi terjadi kebakaran lahan,” kata Kepala Desa Rantau Bakung Komaruddin, Senin (29/7/2018).

Dikatakan Komar, MPA di desa Rantaubakung sudah terbentuk sejak tahun 2016 lalu, dan sudah mendapatkan peralatan dari Dinas Perkebunan Propinsi Riau pada tahun 2016 lalu.

“MPA Rantaubakung adalah sekelompok masyarakat yang dibentuk  untuk melakukan upaya pencegahan, peningkatan peran serta masyarakat dalam upaya penaggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi didaerahnya,” Kata komar.

Untuk meningkatan keterampilan dan pengetahuan, 25 personil MPA di desanya, Komar menjelaskan, Pemdes mendatangkan narasumber dari Manggala Agni Dapops Rengat dan dilanjutkan dengan praktek lapangan pengoperasioan peralatan karhutla yang diterima

Tampak hadir  Camat Rengat Barat Handry Y yang diwakili Kasi Trantib Ping A.,Kapolsek Rengat Barat diwakili Kanit Sabhara,Ipda Didis, Ketua BPD, Babinsa Rantau Bakung Sertu TNI Iskandar, Bhabinkamtibmas Rantau Bakung Bripka Pol Dedi dan Anggota Posko Patdu Regu 40 Redang dan puluhan orang Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN). **Argus


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER