Kanal

Polres Inhu Rayakan Harlah Pancasila Gelar Upacara Bendera

PELITARIAU, Inhu - Pada Hari Ini Jum’at tgl 1 Juni 2018 sekira pukul 08.00 Wib yang bertempat dilapangan Polres Indragiri Hulu (Inhu) dilaksanakan Upacara Peringatan HARI LAHIR (Harlah) PANCASILA.

Upacara dipimpin oleh Waka Polres Kompol Roni Syahendra SH SIK, yang dihadiri oleh seluruh Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran Polres Inhu serta gabungan Pasukan dari Personil Polres dan Polsek Jajaran Polres Inhu.

Adapun tertib Upacara sebagai Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara, Inspektur Upacara memasuki lapangan Upacara, Pasukan disiapkan, Menyanyikan Mars Polda Riau, Penghormatan umum, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur upacara, Pengibaran bendera merah putih, Mengheningkan cipta.

Pembacaan teks pancasila, Pembacaan UUD 1945, Amanat, Doa, Menyanyikan lagu bagimu negri Laporan Dan Up, Penghormatan Pasukan, Irup Meninggalkan Lap Upacara, Dan Up dapat mengistirahatkan pasukan, Selesai.

Waka Polres Inhu selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. 

Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah jalan ombak ideologi - ideologi yang lain yang berusaha menggesernya Selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah kita yang berbhineka tunggal ika Insya Allah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. 

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan tuhan yang maha esa kepada kita semua melalui perenungan pergulatan pemikiran dan kejernihan batin Para founding fathers Indonesia Pancasila pertama kali di uraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 kemudian dituangkan di dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. 

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. 

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu berdaulat adil dan makmur. 

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 Suku dengan lebih dari 1100 Bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus terus-menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat dan paling besar dan bangsa pemimpin. 

"Dengan modal semangat dan energi kebersamaan kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif kita harus memperkokoh kekuatan politik bangsa dan tidak boleh menghambur - hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan kita harus Melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh," Jelas Paur Humas Polres Inhu Iptu Juraidi. 

Kegiatan berakhir pukul 08.45 Wib, selama kegiatan berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan lancar, Ujarnya.**


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER