Kanal

Hari Global Tiger Day 2017, Saatnya Berkomitmen Untuk Melestarikan Harimau

PELITARIAU, Inhu - Memperingati Hari Global Tiger Day dengan semboyan 'Saatnya berkomitmen untuk melestarikan Harimau', Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT) Indragiri Hulu (Inhu) gelar acara senam sehat dan jalan santai di Danau Raja Kecamatan Rengat Kabupaten Inhu, sabtu (29/7/2017) sekira pukul 07:00 Wib.

Turut hadir Plt Seketaris Daerah (Sekda) Inhu Ir Hendrizal MSi, Staff keperintahan Inhu, Dandim 0302 Inhu yang diwakili ole Danramil 01/rengat Capten Inf Kadarisman, Kapolres Inhu yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Franky Tambunan, Kabag Sumda Kompol Amril SSos MH, Kepala Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Darmanto, kepala program Konversi Keselamatan Harimau sumatera (PKKHS) Yunus, Komunitas pecinta alam (KPA) Rengat, Komunitas Pesepeda Inhu (KPI) serta para undangan yang hadir.

Disela sela acara, Kepala balai TNBT Inhu Darmanto mengatakan, Hutan TNBT merupakan salah satu Taman Nasional Indonesia yang memiliki  tempat perlindungan satwa kunci Sumatera diantaranya orangutan, kucing hutan, dan harimau, serta sekitar 250 spesies burung dan mamalia.

"Bukit tiga puluh merupakan Taman Nasional Indonesia yang terletak antara perbatasan Riau dan Jambi, kita ingin menyemarakkannya dengan pesan #Time4Tigers yang mana didalamnya banyak hidup segala jenis spesies binatang, terutama Harimau Sumatera yang habitatnya mulai mengalami kepunahan, maka dari itu mari kita lindungi alam sekitar, memberikan perlindungan selayaknya terhadap harimau asli Sumatera ini supaya tidak mengalami kepunahan," harap Ketua TNBT Inhu Darmanto.

Terpisah, Plt Setda Inhu Ir Hendrizal MSi dalam sambutannya mengatakan, memperingati hari Global Tiger 2017 yang jatuh pada tanggal 29 July 2017 ini, Saatnya harimau sumatera mendapatkan perhatian dan perlindungan yang lebih layak, terbebas dari ancaman perburuan, perdagangan dan kerusakan hutan atau habitatnya.

"Mari kita jaga kelestarian habitat asli Harimau Sumatera seperti yang ada di taman Nasional bukit tiga puluh yang terletak di Batang Gansal dengan tidak merusak hutan dan memberikan perlindungan yang lebih layak supaya tidak mengalami kepunahan," ajak Plt Setda Inhu Hendrizal disela sela sambutannya.

Dalam acara memperingati Global Tiger Day 2017, pembukaan acara diawali dengan jalan Santai yang titik startnya Danau Raja ke Jalan Sultan Rengat menuju Jalan Dewa Rucci Rengat lalu kembali lagi kedanau raja yang diikuti seluruh peserta hadir, dilanjutkan Senam sehat serta pengumuman undian pemberian hadiah Doorprize dengan 4 hadiah utama yang terdiri dari 2 unit sepeda gunung dan bingkisan hadiah hiburan. **ADR

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER