Kanal

Ketahanan Pangan, Malik Siregar Tanam Padi Perdana di Desa Redang

PELITARIAU, Inhu - Anggota DPRD Provinsi Riau, Malik Siregar, Minggu (9/4/2017) melakukan penanaman padi pedana di Desa Redang Kecamatan Rengatbarat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau, kegiatan tersebut dilakukannya untuk memenuhi undangan masyarakat Desa Redang dan mengetahui langsung kondisi lahan pertanian di daerah aliran sungai tersebut.

Selain dihadiri Kades Redang Edi Supirman, tampak hadir langsung ketua kelompok tani Desa Redang Rofi'i dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda daerah aliran sungai Kecamatan Rengatbarat. "Budidaya tanaman padi memang harus digalakan, semoga tahun ini dan tahaun-tahun mendatang redang yang memiliki lahan pertanian padi lebih darin 80 haktar bisa menjadi desa penghasil padi terbesar di Inhu," kata Malik Siregar usai melakukan kegiatan tanam padi perdana di Desa Redang.

Desa Redang kata Malik, termasuk desa tua yang ada di Kabupaten Inhu yang terdapat didaerah aliran sungai indragiri, selain desa Redang juga ada 7 desa lainnya yang harus mendapatkan perhatian khusus bidang pertanian dan inspratruktur. "Desa yang terdapat di daerah aliran sungai sudah dari dulunya melakukan budidaya pertanian padi, ini harus diperhatikan khusus oleh pemerintah daerah," ujar Politisi PPP Riau ini.

Semantara itu, ketua kelompok tani desa Redang, Rofi'i, mengharapkan, pemerintah daerah Kabupaten Inhu dan pemerintah Provinsi Riau bisa selaras dalam mendukung program pertanian padi di Desa Redang. "Kita dalam setahun hanya melakukan sekali penanaman dan panen juga sekali, ini sesuai dengan kondisi alam sebab, lokasi lahan persawahan di desa redang langganan banjir," ujar Rofi,i.

Masyarakat Desa Redang yang  melakukan aktifitas pertanian padi, sangat mengharapkan adanya bantuan alat-alat pertanian untuk membantu peningkatan hasil pertanian. "Kami masih melakukan pertanian secara manual, kedepan kami mengharapkan pemerintah membantu alat-alat pengolahan lahan dan bibit unggul," harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala desa Redang, Edi Supirman, mengharapkan kalau selain bidang pertanian yang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, desa redang juga membutuhkan inspratruktur serta perhatian bidang olahraga kepemudaan. "Bidang olahraga pacu jalur, Desa Redang berturut-turut 4 kali meraih juara iven nasioanal pacu jalur di Kabupaten Kuansing," jelasnya. **zpn/tim


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER