Kanal

Cegah Bencana Asap, Polres Inhu Kedepankan Upaya Preventif

PELITARIAU, Inhu - Pemerintah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Senin (20/2/2017)melaksanakan rapat  pembahasan tentang penetapan status siaga penanggulan bencana asap antisipasi Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) Inhu. Dalam menangani bencana asap di Inhu Polres Inhu mengedepankan upaya preventif.
 
Hadir dalam kesempatan itu Plt Sekda Inhu Ir H Hendrizal MSi, Dandim 0302 Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE, Kapolres AKBP Abas Basuni SIK diwakili Kabag Polres Inhu Kompol Franky Tambunan ST, Kejari Inhu diwakili Kasi Intel Nugroho Wisnu Pujoyono SH, Kepala KPBD Inhu Paino SP, sejumlah Kepala SKPD, Para Camat Se-Kab Inhu dan Perwakialn Manggala Agni serta Perwakilan BKSDA.
 
Plt Sekda Inhu, Ir Hendrizal MSi menjelaskan, pada 13 Januari 2017 sesuai surat BMKG Pekanbaru menyatakan, bahwa prediksi kondisi cuaca di Riau akan kekeringan dan ditindak lanjuti dengan SK Gubernur  No II/Kpts/I/2017 pada 24 Januari 2017, dengan demikian dilakukan monitoring oleh Bupati di seputaran wilayah Kecamatan Rengatbarat dan Rengat maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi Karlahut.
 
Karena sesuai monitoring, sebagian besar wilayah Kecamatan tersebutr banyak terdapat lahan gambut dan dari pantauan, hanya ditemukan sekat kanal di wilayah Desa Danaubaru dan Desa Redang. "Kita mengharapkan, untuk melaksanakan pertemuan dan diskusi dalam rangka menetapkan keputusanm Bupati tentang penetapan status siaga penanggulan Bbencana asap dan akibat Karlahut hingga Oktober 2017," ucapnya.
 
Semantara itu, Kapolres AKBP Abas Basuni SIK diwakili Kabag Polres Inhu Kompol Franky Tambunan ST menjelaskan, kalau penangnan Karlahut dilaksanakan sesuai dengan instruksi presiden saat Rapat kerja (Rakor) di istana Negara, agar tidak terjadi Karlahut yang meluas maka menitik beratkan upaya Preventif, Preemtif dan Penegakan Hukum.
 
Untuk upaya pencegahan Karlahut di Inhu, polisi yang dibentuk dalam tim pencegahan Karlahut melaksanakan patroli karlahut secara rutin," kata Franky.
 
Selain itu, pilisi juga melakukan sosialisasi pembuatan sekat kanal di daerah gambut lokasi rawan Karlahut, pembuatan embung air, dan polisi juga membuat dukungan anggaran khusus untuk menunjang kegiatan dilapangan dalam pencegahan Karlahut. **ram

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER