Kanal

Telepon Adolf Hittler dilelang, Harga Dibuka Rp1,3 Miliar

PELITARIAU.com - Perang Dunia Kedua sudah berakhir 72 tahun lalu, namun peninggalan barang-barang sisa perang masih terus diburu banyak kolektor. Tak terkecuali benda-benda milik sang pemimpin Reich Ketiga Jerman Adolf Hitler.

Dilansir BBC, Sabtu (18/2), sebuah rumah pelelangan di Amerika Serikat berencana melelang telepon yang pernah dipakai pemimpin Nazi tersebut. Lelang itu sendiri akan digelar pekan ini.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari telepon ini. Namun jika ditilik lebih dekat, ukiran nama Hitler terlihat dengan jelas lengkap dengan lambang swastika di atasnya.

Telepon ini ditemukan dalam bunker, tempat Hiltler berlindung saat Berlin dalam pengepungan Tentara Merah Rusia di Berlin. Seorang prajurit Soviet memberikan benda itu kepada serdadu Inggris Brigadir Sir Ralph Rayner sebagai souvenir tidak lama setelah Jerman menyerah.

Pelelangannya akan digelar di Rumah Lelang Bersejarah Alexander di Chesapeake City, Maryland, dan harga dibuka mulai dari USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar. Telepon yang dijual putra Sir Ralph ini diharapkan bisa mencapai USD 300 ribu atau sekitar Rp 4 miliar.

Pengurus rumah lelang Bill Panagopulos menyebut telepon sebagai 'senjata pemusnah massal', yang diyakini dipakai Hitler untuk memberikan perintah pembunuhan selama perang berlangsung, seperti yang dikutip BBC dari Associated Press, sebagaimana dilansir merdeka, Sabtu (18/02/2017).***PRC


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER