Kanal

Rohul Keluarkan Jurus Ampuh Tekan Penyebaran HIV-AID

PELITARIAU, Rohul - Dalam upaya preventif untuk mengurangi jumlah penderita penyakit Human Immuno Deficiency Virus (HIV), Acuquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan hulu (Rohul) berperan aktif dan rutin melakukan promosi kesehatan ditengah-tengah masyarakat.

Kepala Dinkes Rohul Drg Grifino Dalihardyal mengatakan, pada jumlah penderita penyakit HIV/AIDS, daerah Rohul termasuk golongan urutan terendah bila dibandingkan dengan Kabupaten tau Kota yang ada di Provinsi Riau.

"Urutan terendah yang diperoleh dari penderitanya tentu tidak lepas dari peran dan Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Dinkes Rohul yang rutin melakukan promosi kesehatan dan upaya Preventif ditengah-tengah masyarakat," ucap Grifino.

Diterangkannya, tindakan yang dilakukan Dinkes Rohul dalam pencegahannya adalah dengan melakukan lintas sektoral di berbagai intansi terkait, sehingga mengurangi penyakit yang sangat  berbahaya tersebut termasuk di negeri seribu suluk.

Grifino yang menjabat Kepala Dinkes 2 tahun 3 bulan itu menyatakan, untuk penyakit HIV/AIDS disebabkan oleh perilaku orang yang candu mengkonsumsi Narkotika dan sex bebas. Semakin banyak kasus-kasus Narkotika dan sex bebas, tentu potensi penderitanya akan semakin tinggi.

"Penyakit itu sangat mematikan, karena 1 (satu) penderitanya dapat  menular  dan terinfeksi ke puluhan penderita lainnya", Terang Grifino.

Lanjutnya, setiap daerah-daerah pasti akan terkena penyakit HIV/AIDS termasuk Rohul. Dalam pencegahan yang digiatkan, Dinkes Rohul  yang bekerja sama dengan Instansi terkait tidak akan dapat memusnahkan penularannya, namun mengurangi.

"Di Rohul sendiri untuk masyarakat yang terinfeksi, pihak dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul telah memiliki klinik khusus dalam penanganan, Sebutnya kembali.

Mantan Kabag Tata Usaha (TU) RSUD Rohul itu menegaskan, terkait data akurat pihak Dinkes Rohul tidak dibenarkan untuk mempublikasikannya, karena yang berwenang adalah Komis HIV/AIDS Provinsi Riau", Pungkasnya.**DRA.


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER