Kanal

Sukses Panen Padi, Ikuti Ritual Poktan Rimbo Hapar di Rohul

PELITARIAU, Rohul - Bentuk ungkapan rasa syukur manusia kepada allah SWY dujudkan berbeda-beda oleh umat, Syukur yang tak terhingga yang dilakukan oleh masyarakat yang tergabung dalam Kelompok tani (Poktan) Rimbo Hapar didesa Sukamaju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dengan cara memotong ayam dan kambing.

Para petani kepada sang penguasa alam yang telah memberikan hasil melimpah hasil panen padi tahun 2016, diujudkan dalam bentuk ritual potong Ayam tiga warna dan Kambing dalam acara jamuan makan bersama Senin (11/11) di desa Sukamaju.

Hadir dalam pelaksanaan jamuan makan bersama tersebut Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Pangan Umzakirman, SAg, Kepala UPTD Rambah Zulkifli, Babinsa dan Saff Koramil 02 Rambah Kopda Dedy Nofery Samosir, Ketua Ikatan Pemuda Lingkar Lisman dan Tokoh Masyarakat.

"Harapan kami kedepan, para petani yang tergabung dalam Poktan Rimbo Hapar kembali memperoleh hasil panen padi yang melimpah", kata Ketua Poktan Rombo Hapar Anuar Daulay.

Suksesnya tanaman padi anggota Poktan Rombo Hapar katanya, berkat kerja keras petani dan bimbingan dari tentara yang senantiasa bersama petani di areal sawah. "Yang paling penting tidak lupa berdoa supaya dilancarkan dan di sukseskan kegiatan penanaman padi ini dengan baik", tutupnya.

Ditempat yang sama, Babinsa Koramil 02/Rambah Kopda Dedy Nofery Samosir, menjelaskan kalau, pencapaian ketahanan pangan nasional juga menjadi bagian dari tugas TNI. "Kerja sama antara TNI dengan Kementerian Pertanian, kami ujudkan dalam bentuk mendampingi petani mulai dari rencana bercocok tanam sampai dengan melakukan panen," katanya.

Pendampingan petani yang dilakukan oleh TNI, jelasnya, sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat yang diperkuat dengan adanya Momerendum of Understanding (MoU) TNI dengan pemerintah daerah.
"Dengan kerja sama TNI ini, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan produksi komoditas pertanian, untuk terus meningkat dan swasembada pangan bisa dipertahankan," harapnya. **Hendra


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER