DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Ternyata Bukan 10 Perda Pekanbaru yang Dihapus, Tetapi Pasalnya yang Dirubah

Editor :Rio Ahmad Kamis,27 Oktober 2016 | 14:51:52 WIB
Ternyata Bukan 10 Perda Pekanbaru yang Dihapus, Tetapi Pasalnya yang Dirubah Ket Foto : ilustrasi

PELITARIAU, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menerima surat balasan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terkait usulan Peraturan Daerah (Perda) yang dihapus. Dari jawaban yang diperoleh pada umumnya yang dirubah itu pasal dalam Perda, bukan Perdanya yang dihapus.

Demikian disampaikan Kabag Hukum, Syamsuir, pada Kamis (27/10/2016). Ia menyebutkan tidak semua Perda dihapus.

"Sudah dibalas kita sudah dapat penjelasan. Ternyata bukan Perda yang dicabut melainkan ada beberapa pasal saja yang dicabut," katanya.

Artinya Perda tersebut tetap berlaku, hanya saja beberapa pasal yang direvisi.

"Misal pajak hiburan yang dicoret itu pasal mengenai golf. Kita tidak dibenarkan mengambil retribusi. Jadi Perda hiburan tetap diberlakukan," katanya.

Contoh lain retribusi Rumah potong Hewan (RPH) tetap boleh diterapkan. "Yang Pasal dibatalkan itu kita tidak boleh mengambil retribusi pengangkutan,"katanya.

Walau demikian ada juga beberapa Perda yang memang dihapus secara total. Sebab ada undang-undang terbaru yang membatalkan itu. "Kecuali Perda yang sudah ada ketentuan lebih tinggi, memang dicabut karena ada undang undang baru. Sementara Perda yang lain tidak ada masalah,"katanya.

Lebih lanjut, setelah mendapat penjelasan dari Pemprov Riau tersebut pihaknya akan meneruskan ke DPRD Kota Pekanbaru untuk dilakukan revisi. "Kita ajukan ke Dewan, untuk dilakukan revisi perubahan saja,"tutupnya.***(al)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved