DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Saat Menyapu, Warga Temukan 13,5 Kg Uang Kuno Zaman Majapahit

Editor :Rio Ahmad Senin,24 Oktober 2016 | 06:32:24 WIB
Saat Menyapu, Warga Temukan 13,5 Kg Uang Kuno Zaman Majapahit Ket Foto : Uang logam zaman Majapahit

PELITARIAU, Gunung Kidul - Warga Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY, dihebohkan dengan penemuan uang kuno. Uang seberat 13,5 kg dalam bentuk logam dengan huruf Cina tersebut ditemukan oleh warga saat membersihkan pekarangan rumahnya.
 
Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, uang logam yang sangat mirip dengan pecahan uang logam zaman Kerajaan Majapahit ini pertama kali ditemukan oleh Saridi (45), warga setempat.
 
Minggu (9/10/2016), Saridi menyapu pekarangan bagian belakang rumahnya. Tiba-tiba saja dia melihat banyak uang logam dengan lubang di bagian tengah dan akhirnya mengumpulkannya.

Kabar itu menyebar ke anak-anak di sekitar rumahnya. Mereka kemudian ikut mencari dan mengumpulkan uang logam. Setelah dikumpulkan dan ditimbang, beratnya mencapai 13,5 kg.
 
Kepala Desa Banyusoco Sutiyono mengatakan, barang-barang yang berada di pekarangan rumah warga tersebut memang sempat membuat warga gempar. Karena benda tersebut dicurigai benda kuno, akhirnya pihaknya berkoordinasi dengan Polsek Playen.

"Kemarin sore barang barang tersebut diamankan ke Mapolsek oleh petugas untuk diteliti lebih lanjut," ujarnya kepada wartawan dikutip sindonews akhir pekan lalu.
 
Kepala Unit Reskrim Polsek Playen Aiptu Teguh Priyo mengatakan, upaya pencarian logam ini memang dilakukan warga sambil lalu. Artinya, warga tidak menggunakan waktu khusus untuk mengumpulkan koin logam tersebut.

"Informasi yang kami terima pencarian tidak setiap hari dilakukan karena banyak dilakukan saat libur, khususnya di hari Minggu. Saat ini barang sudah kita amankan," katanya.
 
Menurut dia, meski penemuan sudah berlangsung sejak dua minggu lalu, hal tersebut baru dilaporkan kepada pihak kepolisian pada Kamis (20/10/2016) petang. Laporan ini ditindaklanjuti petugas dengan mengamankan ribuan koin  ke Mapolsek.

"Kita hanya mengamankan. Sedang untuk mengetahui pasti tentang koin-koin ini akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan guna penelitian lebih lanjut," katanya.***(r 10)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved