DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Cegah Konflik, Ketua MPR Minta Calon Kepala Daerah Pahami Pancasila

Editor :Rio Ahmad Minggu,23 Oktober 2016 | 15:31:07 WIB
Cegah Konflik, Ketua MPR Minta Calon Kepala Daerah Pahami Pancasila Ket Foto : Zulkifli Hasan

PELITARIAU, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta para calon kepala daerah memahami Pancasila guna mencegah terjadinya konflik menjelang pilkada serentak 2017.

"Itulah pentingnya semua kembali kepada Pancasila, para calon-calon kepala daerah harus memahami Pancasila dengan baik. Mereka harus diberikan penataran atau sosialisasi Pancasila dengan baik," katanya dalam keterangan tertulis dikutip Antara.

Zulkifli mengatakan, potensi konflik dalam pilkada bersumber dari tidak memahami kebhinekaan, keadilan dan hak serta kewajiban.

"Jika ada pejabat yang malah bikin keruh artinya dia sangat tidak memahami Pancasila. Contoh pilkada serentak di seluruh daerah tahun 2017 nanti, sekarang sudah banyak sekali menimbulkan potensi konflik terutama Pilkada DKI Jakarta sangat berbahaya sekali potensi konfliknya," katanya.

Masih soal pilkada, Zulkifli mengatakan bahwa semua rakyat apa pun suku dan agamanya, boleh dan berhak menjadi apa saja termasuk menjadi kepala daerah.

Dalam proses pemilihan, rakyat juga memiliki hak untuk memilih dan tidak memilih sesuai penilaiannya.

"Misal pilkada Jawa Barat, rakyat hanya mau memilih calon putera daerah tidak memilih yang lain itu adalah hak, boleh. Orang Islam hanya mau memilih calon yang seagama tidak mau memilih yang tidak seagama itu adalah hak, itu boleh bukan SARA," kata dia. ***(r 10)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved