DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kualifikasi Piala AFF, Kamboja dan Brunei Tundukkan Lawannya

Editor :Rio Ahmad Minggu,16 Oktober 2016 | 06:36:00 WIB
Kualifikasi Piala AFF, Kamboja dan Brunei Tundukkan Lawannya Ket Foto : Piala AFF

PELITARIAU, Phnom Penh - Fase kualifikasi Piala AFF 2016 resmi bergulir pada Sabtu (15/10/2016). Dua pertandingan pertama sudah dilewati oleh empat peserta. Hasilnya, pada laga pertama, Brunei Darussalam secara mengejutkan menumbangkan Timor Leste 2-1 dan timnas Kamboja menundukkan Laos, juga dengan skor 2-1.

Bermain di hadapan sekitar 50 ribu pendukung yang memadati National Olympic Stadium di Phnom Penh, Kamboja berhasil membalas kekalahan 3-2 dari Laos juga dalam kualifikasi Piala AFF dua tahun lalu.

Pelatih Kamboja asal Korea Selatan, Lee Tae-hoon, seperti dilansir dari situs resmi AFF, mengungkapkan bila pertandingan pertama selalu sulit buat pemain.

"Ada pemain yang tampil apik, ada pula yang tidak. Namun, kami bisa meraih tiga poin," ujar Lee Tae-hoon.

Bermain dengan dukungan fans setia, Kamboja berinisiatif menekan untuk mencetak gol dini. Tim tuan rumah menerapkan strategi itu karena menyadari Laos bukan lawan yang gampang dikalahkan, apalagi bila mengacu rekor pertemuan kedua tim selama ini.

Faktanya, pencapaian Laos di kualifikasi Piala AFF lebih bagus ketimbang Kamboja. Laos, hampir selalu lolos ke putaran Piala AFF, sementara Kamboja baru lolos lima kali.

Prediksi itu terbukti benar karena timnas Kamboja tetap tidak berhasil membobol gawang lawan di awal permainan. The Angkor Warriors baru bisa unggul 1-0 lewat penalti Prak Mony Udom di menit ke-43. Pertandingan makin panas setelah Moukda Souksavath menyamakan skor jadi 1-1 pada menit ke-53.

Namun, keuntungan bermain di depan publik sendiri membuat semangat dan tekad para pemain terus menyala. Hasilnya, Kamboja bisa menjebol gawang Laos lagi pada menit ke-81 lewat Chhin Chhoeun.

Raihan tiga angka yang pantas dirayakan sejenak karena tim tuan rumah hanya menargetkan satu angka atau bermain imbang pada laga ini.

Sementara Laos tampak terpukul dengan kekalahan ini. "Pertandingan tadi adalah partai krusial. Absennya dua striker memengaruhi kami. Kami bermain tidak seperti biasanya. Kami kurang percaya diri," ungkap Vuensavanh Sivisay, pelatih timnas Laos.

Laos wajib memenangi pertandingan kedua, melawan Timor Leste, pada Selasa (18/10/2016). Laga ini bisa diibaratkan pertemuan dua tim terluka karena pada pertandingan pertama, di luar dugaan timnas Timor Leste takluk 1-2 dari Brunei Darussalam.

Selama ini Brunei dikenal tidak memiliki tradisi kuat di pentas sepak bola internasional termasuk di regional ASEAN. Namun, kali ini negara kaya minyak bumi dan gas alam itu tampil mengejutkan.

Brunei mampu bangkit dan balas memukul Timor Leste setelah kebobolan lebih dulu pada menit ke-11 lewat gol Rufino Gama. Kengototan Brunei membuahkan hasil. Pada menit ke-22, Adi Said membuat kedudukan berubah jadi 1-1.

Hanya berselang enam menit kemudian, Brunei balik unggul 2-1 lewat gol Shafie Effendy, yang bertahan hingga usai pertandingan.

Pelatih Brunei, Mike Wong, sempat tak percaya anak asuhnya bisa memenangi laga pembuka nan krusial ini. "Pertandingan yang berat melawan Timor Leste. Jika Anda bertanya pada saya apakah kami akan memenangi laga ini sebelum pertandingan, saya tidak tahu pasti bagaimana harus menjawabnya," ujar Mike Wong.

"Kami hanya menyadari bisa kompetitif dalam tiga pertandingan di kualifikasi ini dan pada pertandingan ini kami mampu bangkit untuk meraih tiga poin," imbuhnya.

Pelatih Timor Leste, Fabio Maciel, hanya bisa menerima kekalahan dengan lapang dada. "Hari ini kami tidak kalah dari Brunei, tapi dari diri sendiri. Kami tidak bermain sebagaimana mestinya dan ini harus diperbaiki agar lebih baik di pertandingan kedua," ungkap Maciel.

Hasil Pertandingan
Sabtu (15/10/2016):
B, Brunei vs Timor Leste 2-1, Kamboja vs Laos 2-1

Jadwal Kualifikasi Piala AFF 2016
18 Oktober 2016
Timor Leste vs Laos, Brunei vs Kamboja
21 Oktober 2016
Laos vs Brunei, Kamboja vs Timor Leste.***(prc/bola)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved