DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Tiga Provinsi Berpotensi Konflik Pilkada 2017, Versi Bawaslu

Editor :Rio Ahmad Selasa,11 Oktober 2016 | 19:14:05 WIB
Tiga Provinsi Berpotensi Konflik Pilkada 2017, Versi Bawaslu Ket Foto : dok

PELITARIAU, Banda Aceh – Tujuh provinsi di Indonesia akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2017. Tiga di antaranya ditetapkan sebagai daerah yang berpotensi konflik saat pesta demokrasi berlangsung.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Muhammad mengatakan, tujuh provinsi yang akan menggelar pilkada tahun depan adalah Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

“Hasil penelitian menunjukkan tiga provinsi yang dianggap rawan konflik ialah Aceh, Banten, dan Papua (Barat),” katanya dalam sambutannya di forum grup diskusi pengawasan pilkada partisipatif dengan cara pelatihan media massa dan ormas di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh dikutip okezone, Selasa (11/10/2016).

Muhammad menjelaskan, meski dinyatakan sebagai daerah berpotensi rawan konflik, tidak serta merta di wilayah tersebut akan terjadi keributan dan tindakan anarkis lainnya.

“Ini kan hanya peringatan dini saja yang sebenarnya harus kita antisipasi sehingga tidak terjadi kerawanan seperti yang diprediksi. Kalau rawan kemudian kita antisipasi, maka akan berubah jadi prestasi dan menjadi contoh daerah lain,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta seluruh elemen saling menjaga situasi di daerah masing-masing. Sikap tersebut agar meminimalisasi potensi konflik yang disebutkan. ***(prc)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved