DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Fantastis, Harga Selembar Kain Batik Dewa Ruci ditawar Rp250 juta

Editor :Rio Ahmad Kamis,06 Oktober 2016 | 07:40:30 WIB
Fantastis, Harga Selembar Kain Batik Dewa Ruci ditawar Rp250 juta Ket Foto : Batik Dewa Ruci

PELITARIAU, Pekalongan - Selembar kain batik "Dewa Ruci" milik seniman batik Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sapuan, sudah ditawar kolektor seharga Rp250 juta.

Sang pemilik, Sapuan, di Pekalongan pada Rabu mengatakan, masalah batik tidak akan lepas dari proses dan bukan sekadar menyoal "printing".

Ia menjelaskan ada batik yang penggarapannya halus dengan mengedepankan seni dan roh penjiwaan dalam membuatnya.

Hal itu, katanya, menaikkan gengsi suatu produk batik.

Oleh karena itu, ia mengaku tidak heran jika selembar kain batik bertema "Dewa Ruci" miliknya tersebut pernah ditawar kolektor Rp250 juta.

"Akan tetapi, karena saat itu untuk mengisi materi pameran di Istana Negara sehingga waktu itu belum saya lepas," katanya dikutip Antara.

Bupati Batang Asif Kholbihi mengatakan bahwa harga batik yang fantatis, antara lain karena latar sejarah batik yang panjang hingga menjadi budaya di Kabupaten Pekalongan dan corak penggarapan.

Proses pembuatan batik yang membutuhkan waktu panjang dengan penggarapan yang halus, ketelitian yang tinggi, hingga pesan yang terkandung di dalam karya seni batik, kata dia, membuat kerajinan itu makin diminati oleh para kolektor dan masyarakat umum.

Ia menyebut wajar terhadap harga batik yang bisa fantatis tersebut.

"Proses pembuatan kain batik yang butuh waktu panjang dengan penggarapan yang halus, ketelitian yang tinggi hingga pesan yang terkandung di dalam karya seni batik tersebut maka masyarakat akan mengenalnya," katanya.***(prc/r 10)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved