DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Ta'aruf MTQ Kabupaten Bengkalis

Editor :Rio Ahmad Sabtu,24 September 2016 | 20:08:21 WIB
Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Ta'aruf MTQ Kabupaten Bengkalis Ket Foto : Bupati Bengkalis lambaikan tangan kepada peserta pawai ta!ruf

PELITARIAU, Bengkalis – Pelaksanaan pawai ta’aruf sempena Musabaqah Tilawatul Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2016 yang ditaja di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, yang laksanakan Sabtu (24/9/2016), berlangsung meriah.
 
Secara resmi, pelepasan pawai yang diikuti ribuan peserta dari delapan kecamatan dan mendapat sambutan hangat warga setempat itu, dilakukan Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Pawai yang di mulai jalan depan pelabuhan Tanjung Medang itu finish di halaman Kantor Camat Rupat Utara.
 
Selain istri Kasmarni Amril, ikut mendampingi Bupati melepas pawai MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis yang kali pertama diselenggarakan di Rupat Utara itu Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono beserta istri, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto, Ketua Umum Pelaksana MTQ Kabupaten Bengkalis, H Heri Indra Putradan Camat Rupat Utara Agus Sofyan.
 
Dengan dikawal aparat kepolisian, kafilah yang pertama tampil dalam pawai itu adalah Kecamatan Bukit Batu. Selain menampilkan marching band, kafilah kecamatan yang dipimpin  Reza Noverindra ini menampilkan mobil hias miniatur masjid dan kilang minyak Pertamina yang memang terdapat di kecamatan tersebut.
 
Setelah Bukit Batu, kafilah yang tampil adalah Kecamatan Siak Kecil. Pada pawai kali ini, kafilah kecamatan yang dinakhodai Mulyadi ini menampilkan mobil hias berbentuk rumah adat Melayu Riau.
 
Di belakang Siak Kecil, kafilah ketiga yang tampil dari Kecamatan Mandau. Kendaraan hias yang ditampilkan kafilah kecamatan yang dipimpin Djoko Edi Imhar ini berbentuk miniatur kapal nelayan. Sebagaimana Bukit Batu, kafilah Mandau juga menampilkan group marching band.

Usai Mandau, kafilah Kecamatan Pinggir tampil diurutan keempat. Kendaraan hias yang ditampilkan kafilah kecamatan yang dinakhodai Fahrizal ini berbentuk miniatur masjid dengan kubah warna hijau.
 
Kafilah Kecamatan Bantan tampil diurutan kelima dengan mobil hias berbentuk kapal penumpang. Meskipun tidak menampilkan marching band, kafilah kecamatan yang dipimpin Syamsul Bahri ini dimeriahkan dengan penampilan grup kompang.
 
Menyusul Bantan, kafilah yang tampil selanjutnya dari Kecamatan Bengkalis. Mobil hias yang ditampilkan kecamatan yang dipimpin H Sapon ini adalah miniatur Masjid Kuning yang merupakan salah satu masjid tertua dan cukup terkenal di Kecamatan Bengkalis.
 
Kafilah yang tampil diurutan ketujuh pada pawai tersebut adalah dari Kecamatan Rupat. Mobil hias yang ditampilkan kecamatan yang dipimpin Hanafi ini berbentuk masjid. Selain grup kompang, kafilah Rupat juga menampilkan marching band. Bahkan untuk pawai ini kafilah Rupat membawa dua grup marching band.
 
Sedangkan kafilah yang terakhir tampil dari tuan rumah, Kecamatan Rupat Utara. Selain dua mobil hias dalam bentuk miniatur masjid, kafilah kecamatan yang dipimpin Agus Sofyan ini juga menampilkan ‘pasukan berkuda’, marching band, barisan pemuka adat, dan pelajar dari berbagai sekolah di Rupat Utara.
 
Selain grup Reog Ponorogo dan sebagai bentuk toleransi pada pawai tersebut, Rupat Utara juga menampilkan grup Barongsai.
 
Selaku tuan rumah, peserta pawai dari kecamatan Rupat Utara ini merupakan yang terbanyak dari tujuh kecamatan lainnya. Sedangkan peserta pawai terbanyak kedua dari Kecamatan Rupat.
Sebelumnya, ketika melepas pawai, Amril berharap, rangkaian kegiatan MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis ini dapat menumbuhkan kekompakan masyarakat khususnya yang ada di Rupat Utara.
 
“Mudah-mudahan dengan kegiatan yang kita laksanakan ini menaruh hikmah yang besar bagi masyarakat setempat. Semoga serangkaian kegiatan yang ada berjalan sukses dan bertabur berkah,” singkat Amril.(prc/int/boc)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI
shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved