DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

HUT ke-15

DPRD Pelalawan Gelar Sidang Paripurna Istimewa

Editor : Minggu,12 Oktober 2014 | 18:09:11 WIB
DPRD Pelalawan Gelar Sidang Paripurna Istimewa Ket Foto : Bupati Pelalawan

PELITARIAU, Kerinci –DPRD Pelalawan Gelar Sidang Paripurna Istimewa bersempena HUT Kab. Pelalawan ke-15 Minggu (12/10) di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja.

Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin SH MH didampingi Wakil Ketua I Suprianto dan Wakil Ketua II Indra Kampe.


Dalam pengantar sidangnya, Nasaruddin mengatakan bahwa dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Pelalawan DPRD Pelalawan telah melakukan berbagai upaya agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk mendukung roda pemerintahan yang profesional, akuntable dan transparan, DPRD Pelalawan telah menyiapkan perangkat perangkat agar fungsi pengawasan yang dimiliki dewan dapat berjalan beriring dengan jalannya roda pemerintahan.

"Sejak berdirinya Kabupaten Pelalawan 15 tahun silam, Rancangan Peraturan Daerah yang disahkan menjadi Peraturan Daerah oleh DPRD Pelalawan berjumlah 263 perda," katanya.

Dengan adanya perda-perda yang telah dilahirkan tersebut, sambungnya, ini akan menjadi rambu dalam mengawasi kinerja Pemerintahan Daerah dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pelalawan sesuai visi dan misinya pembaharuan menuju kemandirian pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

"Dan partisipasi perusaahan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan dapat mempercepat pembangunan daerah, baik melalui, Corporate Social Responsibily (CSR), pajak maupun program program pembangunan lainnya yang ada di perusahaan sangat dibutuhkan untuk pembangunan di Kabupaten Pelalawan," ujarnya.

Pasalnya, lanjutnya, untuk membangun sebuah daerah yang belum lama dimekarkan tidak seperti membalikkan telapak tangan. Pembangunan yang sesuai dengan harapan pendiri Kabupaten Pelalawan dan masyarakat tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, dengan melihat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pelalawan, termasuk berdirinya sejumlah perusahaan yang ada di sini.

"Jadi pembangunan yang diharapkan bukan saja menjadi tugas dan tanggung jawab Pemmerintah daerah saja, melainkan peran serta seluruh elemen masyarakat yang secara bersama sama menjaga keamanan tetap kondusif, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan
lancar," katanya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Pelalawan terus melakukan berbagai upaya guna memperkuat pembangunan yang disesuaikan dengan kondisi dan tantangan terkini serta tantangan globalisasi yang berada di depan. Untuk
itu, adanya perubahan visi Kabupaten Pelalawan dari yang sebelumnya “Terwujudnya Kabupaten Pelalawan yang maju, sejahtera melalui perberdayaan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh pertanian yang unggul dan industri yang tangguh dalam masyarakat yang beradat, beriman, bertaqwa dan berbudaya melayu tahun 2030”.

 

Dirumuskan menajdi visi pembangunan yang baru Pembaharuan menuju kemandirian pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan”
 

“Maksudnya bahwa pembangunan yang dilakukan diarahkan pada upaya mewujudkan Kabupaten Pelalawan yang mandiri, dengan meningkatkan daya saing dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat melalui perbuahan pola pikir dan pola kerja serta kreatifitas dan keinovasian," tegasnya.

Dikatakannya, bahwa indikator-indikator keberhasilan ekonomi semakin meningkat dan jumlah unit unit infrastruktur yang dibangun semakin banyak. Dan ini merupakan dampak positif dari membaiknya daya saing Kabupaten Pelalawan dan terjaganya suasana kondusif
daerah.

 

Pertambahan investasi yang cukup besar di Kabupaten Pelalawan kata Harris, tentu tidak terlepas dari upaya Pemerintah mempromosikan potensi daerah, serta upaya melindungi investasi yang sudah ada. Kemajuan program pembangunan Kabupaten Pelalawan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan indeks pembangunan manusia, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ekonomi, serta meningkatkan daya saing daerah menuju peningkatan daya saing nasional, ditetapkan 7 prioritas pembangunan daerah

"Diantaranya, Pelalawan sehat, Pelalawan Cerdas, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar dan percepatan pembangunan infrastruktur desa/kelurahan, peningkatan ketahanan pangan dan perkebunan, pengembangan objek wisata Bono dan program kawasan teknopolitan," jelasnya

 

Masih pada kesempatan yang sama, Sidang Paripurna istimewa Hari jadi Kabupaten Pelalawan ke 15 tahun 2014, yang dihadiri Asisten 1 Sekdaprov di hadapan anggota DPRD Pelalawan, mantan Bupati Pelalawan, Sultan Pelalwan, pendiri Kabupaten Pelalawan, pejabat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat  dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Pelalawan sejak dimekarkan dari Kabupaten Kampar terus berkembang dengan pesat. Keberhasilan-keberhasilan yang diraih Kabupaten Pelalawan tidak terlepas dari cara Pemda mengembangkan potensi daerah untuk menatap masa depan yang lebih baik.

"Seluruh kabupaten yang dimekarkan di propinsi Riau ini tidak ada yang tidak maju, tidak terkecuali Kabupaten Pelalawan. Sejak dimekarkan dari Kabupaten Kampar 14 tahun silam, Kabupaten Pelalawan terus menggeliat, Teknopolitan yang hanya dua di Indonesia, satunya ada di daerah ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan semua pihak," katanya.

Usai Sidang Paripurna Istimewa HUT Pelalawan ke 15 di Gedung DPRD Pelalawan, Bupati Pelalawan beserta rombongan langsung menggelar syukuran di tempat yang sama. (kor. htl)
 

Editorial: Rio Ahmad

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved