DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Tim Olimpiade Matematika Indonesia Peroleh 12 Medali

Editor :Rio Ahmad Rabu,24 Agustus 2016 | 07:33:10 WIB
Tim Olimpiade Matematika Indonesia Peroleh 12 Medali Ket Foto :

PELITARIAU, Jakarta - Pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di ajang kompetisi internasional. Tim olimpiade matematika Indonesia tingkat SMP meraih 1 emas, 3 perak dan 4 perunggu di ajang Thailand International Mathematics Ceompetition (TIMC).

Adapun empat siswa SMA mempersembahkan 4 medali perunggu di International Olympiad in Informatics (IOI) ke-28 di Kazan, Rusia.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengatakan, kontingen Indonesia juga mendapatkan penghargaan 1st Runner-up Team Contest dan medali perunggu sebagai 2nd Runner-up di Group Contest.

Medali emas diraih Stanve Avrilium Widjaja dari SMP IPEKA Plus BSD dalam tes individu. Adapun medali perak diraih Alvin Putera Budiman dari SMP Labschool Kebayoran dan medali perunggu diraih Hendrikus Hansen Witarsa dari SMPK 4 Penabur bersama Aaron Alvarado Kristanto.

Untuk kontes tim individu, Nicholas Rusell Saerang dari SMP IPEKA Sunter 2 meraih medali perak. Sementara tim gabungan terdiri atas Farrel Dwireswara Salim dari SMP Kharisma Bangsa, Markus Leonard Wijaya dari SMP Theresiana 01 dan Muflih Naufal Maxi dari SMP Al Azhar mempersembahkan perunggu.

Hamid menjelaskan TIMC merupakan ajang bergengsi karena diikuti 296 peserta dari 74 tim. Siswa-siswi yang mengikuti kompetisi ini merupakan putra-putri terbaik di bidang matematika yang berasal dari 29 negara.

ke-29 negara itu yaitu Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, China, Siprus, Filipina, Ghana, Hong Kong, India, Iran, Kazakstan, Laos, Libanon, Makao, Tiongkok, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Rumania, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailan, Uzbekistan dan Vietnam.

"TIMC merupakan ajang bergengsi karena kesulitan soalnya sangat tinggi. Selain itu jumlah negara yang mengikuti olimpiade ini juga meningkatkan reputasinya di kancah internasional," kata Hamid seperti dikutip dari Koran Sindo, Selasa (23/8/2016).***(prc)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved