DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Distanak Pekanbaru Bentuk Tim, Cek Kesehatan Hewan Kurban

Editor :Rio Ahmad Minggu,07 Agustus 2016 | 15:49:19 WIB
Distanak Pekanbaru Bentuk Tim, Cek Kesehatan Hewan Kurban Ket Foto : dok

PELITARIAU, Pekanbaru - Seperti diberitakan sebelumnya ketersediaan hewan kurban di Pekanbari jelang sebulan lagi menyambut Hari raya Idul Adha 1437 telah tercukupi.

Untuk memastikan kesehatan hewan Kurban yang akan disembelih, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru membentuk empat tim.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Distanak Kota Pekanbaru, El Syabrina, pada Ahad (7/8/2016). El mengatakan, tim akan disebar ke lokasi-lokasi yang kerap dijadikan pedagang musiman untuk menjual hewan Kurban.

"Seperti di wilayah Kecamatan Rumbai, Tenayan dan juga di jalan Arifin Ahmad. Biasanya para pedagang musiman sapi Kurban ini ada di lokasi yang banyak lapangan sehingga mereka bisa meletakkan sapinya di sana sementara waktu sebelum dibeli. Baik pedagang dan juga lokasi berjualannya relatif sama setiap tahun," kata El Syabrina.

Lanjutnya, tim yang akan turun ke lapangan bertugas memeriksa kesehatan hewan Kurban. Biasanya, dari sekian banyak sapi Kurban yang dijual satu pedagang, pihaknya akan memeriksa satu sampel aja.

“Usai pemeriksaan kita akan berikan satu lembar surat keterangan kesehatan kepada pada pedagang hewan Kurban,” sebutnya.

Rencananya, tim pemeriksa hewan Kurban akan turun ke lapangan satu minggu sebelum hari raya Idul Adha. Kata dia, waktu satu minggu cukup untuk melakukan pemeriksaan.

"Fokus pemeriksaan selain ditujukan pada kesehatan hewan Kurban, tim juga memperhatikan fisik hewan Kurban apakah sudab sesuai Syariat Islam. Misalnya, tidak dalam kondisi cacat, tidak betina dan sudah cukup umur," terangnya.***(al)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved