DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Rapat Pansus, Prioritaskan Kesehatan di Daerah Terpencil

Editor :Dian Fransiska Kamis,28 Juli 2016 | 03:26:00 WIB
Rapat Pansus, Prioritaskan Kesehatan di Daerah Terpencil Ket Foto : dok
PELITARIAU, Pekanbaru - Bidang kesehatan perlu mendapatkan perhatian khusus di Provinsi Riau, baik disisi anggaran maupun pemerataan penempatan tenaga medis di daerah terpencil. Rendahnya akses pelayanan kesehatan tersebut merupakan dampak dari kurang responsifnya ditingkat pelayanan.

Demikian dikatakan Anggota DPRD Riau dari Fraksi Golkar, Yulisman dalam rapat bersama Pansus yang memprakarsai Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang penyelenggaraan fasilitas pelayanan kesehatan, di ruang paripurna, Kamis (28/07/2016).

"Akses pelayanan kesehatan di daerah terpencil di provinsi Riau dinilai masih rendah. Ini disebabkan beberapa faktor, di antaranya sistem kesehatan yang belum responsif," katanya.

Dengan kurang responsif terhadap bidang kesehatan, berdampak pada Meningkatnya angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, dimana masih kurangnya jumlah sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Yulisman.

Sementara Fraksi PDIP, Sugeng Pranoto dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau Manahara Manurung itu mempertanyakan penjelasan mengenai judul Raperda, mengenai kalimat "swasta" di akhir judul.

"Apa yang dimaksud dengan fasilitas kesehatan yang kurang jelas dalam Raperda tersebut, dan penulisan naskah akademis harus diperbaiki," sebutnya.

Pada rapat tersebut, sebagian besar fraksi sependapat dengan pandangan yang disampaikan Pemprov Riau terkait Ranperda pelayanan kesehatan pada Pandangan pada sidang sebelumnya yang disampaikan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman bahwa, di dalam Perda harus jelas membedakan antara penyelenggaraan fasilitas kesehatan dan penyelenggaraan pelayanan kesehatan.*dian.

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved