DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Sah! Setya Novanto Resmi Jadi Ketua DPR

Editor : Kamis,02 Oktober 2014 | 05:29:30 WIB
Sah! Setya Novanto Resmi Jadi Ketua DPR Ket Foto : Setya Novanto

PELITARIAU, Jakarta  - Politisi Golkar, Setya Novanto, secara aklamasi terpilih sebagai Ketua DPR RI 2014-2019. Nama Bendahara Umum Partai Golkar itu dipilih bulat oleh enam fraksi yang ada di DPR.

Selain Setya Novanto, sejumlah politisi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) terpilih menjadi wakil ketua DPR. Mereka adalah Fadli Zon (Fraksi Partai Gerindra), Agus Hermanto (Fraksi Partai Demokrat), Taufik Kurnia (Fraksi PAN), dan Fahri Hamzah (Fraksi PKS).

"Ternyata dari enam fraksi ternyata semua sama, dengan demikian ada satu paket. Atas usulan enam fraksi ini apakah bisa saya menyatakan paket ini sah sebagai pimpinan DPR,” kata pimpinan sementara DPR RI, Popong Otje Djundjund, Kamis (2/10)

“Sah.. Sah..,” sahut anggota dewan di gedung DPR serentak. “Tok.. Dengan demikian dapat disahkan dan selanjutnya dilakukan pelantikan pimpinan DPR,” tutur politisi tertua ini di DPR.

 

Sebelum disyahkannya pimpinan DPR sidang paripurna sempat memanas. Usulan agenda pembacaan paket pimpinan DPR diwarnai aksi meninggalkan ruangan atau walk out yang dilakukan oleh PDI Perjuangan dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo yang bertindak sebagai juru bicara di podium memutuskan untuk tidak melanjutkan agenda pembahasan paket pimpinan DPR.

“Dengan hormat pimpinan, kami memutuskan untuk meninggalkan ruangan dan tidak bertanggung jawab atas keputusan paket pimpinan DPR,” kata Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Kamis (2/10) sebagaimana dilansir okezone.

Hal senada dikatakan Ketua Fraksi Partai Nasdem Victor Laiskodat. Dia menilai, pemilihan paket pimpinan tersebut telah menciderai demokrasi bangsa.

“Karena menurut kami rapat tidak adil dalam menjalankan tatib yang ada. Atas hal tersebut, Fraksi Nasdem memutuskan untuk keluar dari ruang rapat,” tuturnya.

 

Editorial: Rio Ahmad

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved