DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Berlibur ke Tempat Terindah yang Terancam Punah

Editor : Jumat,27 Mei 2016 | 02:45:00 WIB
Berlibur ke Tempat Terindah yang Terancam Punah Ket Foto :

Semakin banyaknya penduduk dunia, pemanasan global dan pembangunan yang tak sensitif terhadap alam, telah  membuat beberapa tempat paling indah dan menakjubkan di dunia terancam punah.

Ya, tempat-tempat terindah di berbagai penjuru dunia kemungkinan akan lenyap, karena dampak perubahan iklim yang ekstrim. Entah itu akibat naiknya permukaan laut, penggurunan, angin musim yang deras, ataupun melelehnya gletser kutub.

Untuk itu, sebelum hal yang tak diinginkan itu terjadi, sebaiknya ada kesadaran dari diri kita sendiri untuk mensiasitinya dengan menjaga lingkungan sekitar. Seiring itu, Anda pun bisa menjadikan tempat-tempat indah tersebut sebagai destinasi liburan Anda, sebelum punah. Ada baiknya Anda menyiapkan Kartu Kredit  Mastercard Anda saat diperjalanan. Karena siapa tahu ada beragam promo dan diskon yang memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan menyusuri tempat terindah yang terancam punah berikut ini :  

Venesia

Tempat pertama yang diperkirakan akan segera punah ialah Venesia. Kota yang dijuluki sebagai kota kanal ini merupakan ikon tempat romantis yang terletak di Italia. Sebagai tujuan wisata dengan sebutan air, wisatawan memang telah bersiap menikmati eksotisme kota yang terapung. Namun, rendaman air yang berupa banjir kini malah melanda Venesia. Banjir telah menjadi ancaman utama Venesia yang kerap berulang terjadi.

Venesia terdiri dari 118 pulau-pulau kecil yang kemungkinan akan tenggelam saat perubahan iklim menghampiri wilayah tersebut. Venesia pernah mengalami banjir parah pada bulan november 2009 silam, ketika tingkat air mencapai 131 centimeter. 

Venesia memang telah lama tenggelam. Tapi naiknya permukaan air laut telah membuat situasi lebih mengerikan. Frekuensi banjir yang meningkat setiap tahun pun meninggalkan banyak pertanyaan. Berapa lama lagi Venice bisa tinggal di atas air.

Maldives

Dari Venesia, kita beralih ke Maldives. Siapa sih yang tak kenal dengan negara kepulauan yang menyajikan berjuta kesan romantis  ini? Ya, Maldives atau Maladewa merupakan sebuah negara kepulauan dengan terumbu karang yang sangat indah. Namun, negara yang menjadi destinasi populer wisatawan ini, juga berada di tempat paling rendah. 80 persen dari pulaunya kini hanya berada 8 cm dari permukaan laut. Jika es di kutub mencair karena pemanasan global, maka bisa jadi negari eksotis ini hanyalah tinggal kenangan.

Panel penyidik perubahan iklim pun memprediksi, jika level air laut naik setinggi 59 sentimeter di abad berikutnya, maka beberapa beberapa wilayah Maladewa sudah bisa dipastikan hilang dari permukaan bumi.

Madagascar

Akibat dari penebangan hutan liar dan keseimbangan alam yang terganggu juga menempatkan Madagascar sebagai tempat selanjutnya yang akan segera punah.

Pulau kecil di ujung bawah benua Afrika itu menjadi rumah bagi tiga persen hewan dan tumbuhan di dunia. Namun, perkembangan spesies flora dan fauna di pulau ini nyaris berakhir.

Pasalnya, ekosistem hutan Madagascar telah hancur akibat penebangan pohon, pembakaran hutan, dan perburuan liar. Dari 120.000 meter persegi, kini luasnya tinggal 20.000. Jika tidak ada yang dilakukan untuk menyelamatkan hutan ini, bukan hal yang mustahil jika Madagaskar bisa hilang dalam 35 tahun.

Taj Mahal

Tempat terakhir yang diperkirakan akan lenyap adalah Taj Mahal. Monumen yang telah menjadi simbol cinta abadi ini memang telah menjadi atraksi utama di India. Namun, keajaiban arsitektural dunia itu terancam tinggal sejarah.  Monumen itu diperkirakan runtuh akibat kerusakan lingkungan yang jadi penyebabnya.

Jelaga, partikulat dan hujan asam dari pabrik-pabrik serta kilang di dekatnya menyebabkan warna bagian depan makam yang putih menjadi kuning pucat. Tak hanya itu,  para ahli konservasi dan politisi mengatakan bahwa, pondasi Taj Mahal yang saat ini berusia 358 tahun itu telah membusuk karena didera kekeringan. Sungai yang mengalir di dekatnya kering kerontang akibat polusi industri dan deforestasi. Dasar bangunan itu kini mulai rapuh dan hancur.

Ironis sekali, makam yang didirikan raja pada masa itu untuk mengenang istri tercintanya kini tak lagi dapat terpelihara dengan baik. Jika pemerintah India tidak bertindak menangani bencana lingkungan tersebut, bukan tak mungkin dalam waktu kurang dari lima tahun kedepan, Taj Mahal akan didera kepunahan.

Itulah sejumlah tempat terindah yang terancam punah yang berhasil kami himpun. Jika Anda tertarik berkunjung kesana sebelum kepunahannya, ada promo menarik nih yang ditawarkan ezytravel.co.id.

Anda bisa berlibur menikmati diskon Rp 100.000 untuk pemesanan hotel domestik dan internasional khusus pengguna Kartu Kredit BNI. Pemesanan dilakukan hanya setiap hari Selasa dan diskon ini berlaku hingga 31 Mei 2016. Jadi tunggu apalagi, segera siapkan Kartu Kreditnya dan pesan tiketnya sekarang juga!  Selamat berlibur!

 

 
 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved