DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Plt. Gubri Membuka TTG dan EXPO PNPM

Editor : Senin,29 September 2014 | 19:00:53 WIB
Plt. Gubri Membuka TTG  dan EXPO PNPM Ket Foto : Plt. Gubri Membuka TTG Pelalawan

PELITARIAU, Redaksi – Wakil Gubernur Riau (Wagubri) yang saat ini menjabat Plt Gubri  H Arsyadjuliandi Rachman secara resmi membuka Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-II . Serta juga  Expo PNPM Mandiri Pedesaan tingkat Provinsi Riau, Senin (29/9) di Lapangan Bola Kaki Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.
 

Acara tersebut  dihadiri kepala daerah 12 Kabupaten/Kota se Propinsi Riau,  Direktur Jenderal BPMPD Kementerian Dalam Negeri Ir Juliati MM, Direktur TTG Kemendagri Ahmad Dading Ass Deputi Kemenristek, Forkompimda se-Riau. Serta tuan rumah  Bupati Pelalawan, Ketua DPRD Pelalawan, , Ass II, Ibu TP PKK se-Riau, pimpinan lembaga pendidikan dan undangan lainnya


Plt Gubenur Propinsi Riau H Arsyadjuliandi Rahcman dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mendorong timbulnya inovasi masyarakat untuk menguasai teknologi. Sehingga diharapkan dapat memberi manfaat yang lebih bagi masyarakat khususnya masyarakat.

 

Melalui Gelar TTG ke-II tingkat Provinsi Riau ini kita tingkatkan kreatifitas dalam mendukung ekonomi kerakyatan dalam mewujudkan Pagaralamyang secerah alam dan Riau yang lebih gemilang.

"Apalagi Riau memiliki potensi sumber daya alam (SDA) luar biasa namun belum sepenuhnya termanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan SDA harus dilakukan secara terpadu dengan meningkatkan peran masyarakat dan segenap sektor terkait dalam kegiatan pemanfaatan SDA, ," bebernya.

Pengembangan teknologi tepat guna, lanjutnya, hanya dapat dikembangkan di masyarakat bila bertumpu pada SDM masyarakat itu sendiri. Teknologi Tepat guna merupakan teknologi yang dapat menjawab persoalan dan kebutuhan masyarakat, dengan di pandu oleh 4 K yakni kehandalan, keterjangkauan, kemudahan dan kemanfaatan dalam memberikan nilai tambah ekonomi, sosial dan lingkung.

Hal yang sama disampaikan juga oleh Bupati Pelalawan HM Harris. Menurutnya, teknologi tepat guna dalam konteks pemberdayaan asyarakat merupakan pemicu pertumbuhan. Pemanfaatan TTG secara optimal akan mampu mewujudkan usaha masyarakat yang dapat mengefisiensi, ongkos produksi dan memperbaiki proses mutu serta meningkatk kapasitas dan nilai tambah prodek sehingga dapat mensejahterahkan masyarakat dan memberantas kemiskinan.

Dikatakannya, bahwa saat ini TTG ke II  di Kabupaten Pelalawan akan sejalan dengan visi misi Pelalawan dalam kontek 7 keunggulan Pelalawan dengan menciptakan Pelalawan sehat, Pelalawan cerdas, Pelalawan lancar, Pelalawan kawasan teknopolitan, Pelalawan terang, Pelalawan Kawasan ekonomi khusus dan Pelalawan objek wisata bono.

"Dengan adanya TTG Ke II, saya berharap para inovator dapat mendengarkan langsung masukan teknologi tepat guna yang di butuhkan masyarakat, melalui kegiatan ini pengusaha juga dapat menangkap peluang untuk meningkatkan produksi mereka," tutupnya


Usai membuka pagelaran TTG plt. Gubri  dan Forkopinda Riau serta Bupati Pelalawan HM Harris  juga meninjau stand Pameran TTG  yang menampilkan berbagai ragam teknologi yang ditampilkan oleh masing-masing Pemerintah Daerah se-Riau dan stakeholder lainnya. (kor. htl)
 

Editorial: Rio Ahmad

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved