DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Memajukan Pariwisata

Lokasi Parit Gepak Disulap Menjadi Objek Wisata Rohil

Editor :Jarmain Selasa,09 Agustus 2016 | 05:24:00 WIB
Lokasi Parit Gepak Disulap Menjadi Objek Wisata Rohil Ket Foto : Bupati Rokan hilir H Suyatno Amp
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berencana menjadikan Parit Gepak yang berada di kawasan Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko Rohil, sebagai salah satu objek wisata Ibukota Kabupaten Bagansiapiapi. Penegasan itu disampaikan Bupati H Suyatno Amp, saat melakukan peninjauan pengerjaan normalisasi parit Gepak, jum'at (26/2). 
 
"Nantinya kawasan ini akan kita jadi objek wisata Rohil, di areal ini juga akan kita buat taman wisata permainan anak-anak, bebek dayung, Kalua air mencukupi parit mencukupi bisa dibuat pertandingan bebeak air untuk masyarakat, lokasi sangat strategis, dekat, dan bagus," kata Suyatno.
 
Suyatno meminta kepada Dinas teknis apa yang sudah didprogramkan, betul-betul  dilaksanakan. Apalagi pembangunan objek wisata di Rokanhilir sesuai dengan visi misi pemerintah Kabupaten Rohil, nantinya bila mana masyarakat mempunyai lahan sepanjang Parit Gepak, dimintanya segera melapor ke camat, dengan membawa tanda bukti kepemilikan, surat-surat tanah. “Karena sungai ini akan dilebarkan jadi 15 meter," jelasnya.
 
Setelah Parit Gepak selesai dikerjakan, nantinya menyusul pekerjaan Sungai Parbrik, dan menurut Dinas Bina Marga dan Pengairan Rohil, Sungai Pabrik harus dibersihkan juga. Sesuai rencana pengerjaan normalisasi Sungai Pabrik juga sudah diudulkan ke Provinsi Riau itu, dengan nilai anggaran Rp7 miliar.
 
Dalam pada itu, dalam waktu dekat, pemkab juga akan membuat embung sebagai contoh terlebih dahulu. Untuk menyerap air sepanjang Jalan Madrasah, Jalan Siak, Jalan Selamat, rumah-rumah penduduk yang begitu padat masih tergenang air itu. Mengantisipasi banjir di pemukiman penduduk maka di coba dengan membuat membangun embung ukuran 35x50 meter.*
 
 
Lengkapi Sarana Dan Prasarana Areal Bay Park 
 
Pemerintah Kabupaten Rohil akan terus memajukan pariwisata yang ada di negeri seribu kubah, salah satunya lokasi wisata Bay Park yang berada di jalan Bahagia Ujung akan lengkapi dengan jalan masuk, Boxculver dan lampu hias, supaya areal tersebut bertambah ramai di minati pengunjung, baik lokal maupun masyarakat dari Kabupaten dan Provinsi tetangga.
 
Pembenahan dan melengkapi fasilitas yang belum ada seperti jalan dan pendukung lainnya akan menjadikan lokasi Bay Park ingin dikunjungi masyarakat. Pengelola pusat permainan anak-anak di Kabupaten rohil akan diarahkan membuka usaha didalam lokasi Bay Park Rohil begitu juga dengan lokasi pasar Ramadhan yang berada di jalan Mawar lokasinya ditempatkan di  Bay Park atau Taman Wisata.
 
"Saya yakin, wisata taman ini nantinya akan di padati pengunjung, namun harus didukung dengan sarana dan prasarana," katamya.
 
Untuk diketahui, Program pengembangkan lokasi wisata di Kabupaten Rohil merupakan program Bupati Suyatno yang masuk dalam rencana pembangunan pariwisata. Selain menjadikan tempat Wisata, digalinya parit gepak untuk mengatasi banjir yang setiap tahun terjadi di kelurahan tersebut. "Tidak hanya penggalian parit gepak, Pemkab juga saat ini telah menbuat bodi jalan dengan lebar 15 meter, yang mana nantinya body jalan tersebut akan di Hotmix umtukl mendukung pariwisata kota," ucapnya.*
 
Objek Wisata Danau Napanga
 
Danau Napangga  merupakan danau yang memiliki luas sekitar 500 hektare yang terletak di hulu Sungai Kumuh, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir Rohil RIAU. Menurut legenda Danau Napangga dahulunya merupakan tempat  persinggahan raja. 
 
Tidak jauh dari kawasan ini tinggal masyarakat Bonai, salah  satu suku asli penduduk yang tinggal di Rokan Hilir, Danau Napanggan terletak dikecamatan Pujud Rohil. Dimana pesona alamnya sangat indah dan air danaunya tenang membuat pengunjung geram untuk menceburkan  diri ke dalamnya. 
 
Danau Napangf sangat cocok untuk melepaskan penat atau sekadar mencari  inspirasi, di dalam Danau Napangga tersebut hidup spesies ikan Arwana Sumatera-Khayangan yang langka dan sangat mahal harganya. Di sana  juga terdapat sumber air panas. Pohon nyiur yang melambai dan pohon rimbun yang  khas menambah asri suasana sekitar danau.
 
"Jarak tempuh untuk pergi ke Danau Napangga ini bisa menghabiskan waktu selama 5-7 jam jika berangkat  dari Kota Pekanbaru. Berjarak lebih  kurang 72 kilo meter dari Ujung Tanjung," Demikian disampaikan Kepala Dinas Parawisata Pemuda Dan Olahraga Rohil," Drs H Zulkarnaen Nur.
 
Jalan menuju Danau Napangga sudah hampir semuanya diaspal sehingga memudahkan para pengunjung  mendatanginya dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Pengunjung juga dapat membeli souvenir di sentra kerajinan penduduk setempat.*(adv/jar)
Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved