DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pelalawan Targetkan Masuk Tiga Besar Raih Adipura

Editor : Kamis,25 September 2014 | 18:34:22 WIB
Pelalawan Targetkan Masuk Tiga Besar Raih Adipura Ket Foto : ilustrasi piala adipura

PELITARIAU, Kerinci –Kabupaten Pelalawan dalam tahun 2015 menargetkan masuk dalam tiga besar dan meraih piala Adipura. Pasalnya tahun sebelumnya Pelalawan hanya berada di peringkat tujuh dengan nilai 50-60.

 

Selama ini yang menjadi kendala dan kelamahan kabupaten Pelalawan dalam penilaian untuk mendapatkan Adipura yakni pada bidang pengelolaan sampah. Serta  juga ruang terbuka hijau yang saat ini tengah dipersiapkan dan terus dibenahi.
 

Demikian diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pelalawan Syamsul Anwar SH MH  Kamis (25/9), di Pangkalan Kerinci. Menurutnya  piala Adipura merupakan penghargaan tertinggi bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

 

Syamsul selanjutnya mengatakan bahwa untuk meraih tiga besar itu, maka minimal nilai yang harus diperoleh yaitu 70. Penilaian ini agar Kabupaten Pelalawan bisa masuk pada penilaian tahap kedua.

"Harus diakui, bahwa peraihan piala Adipura merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi seorang pimpinan daerah. Jadi sudah sepatutnya target Bupati Pelalawan masuk tiga besar raih Adipura harus didukung oleh semua pihak, sehingga daerah ini menjadi suatu kabupaten yang indah, hijau, sejuk dan bersih," bebernya.
 

Sampai saat ini, sambungnya, untuk penilaian Adipura sendiri ada beberapa titik yang harus dipantau seperti terminal, pertokoan, perkantoran, sekolah, pasar, jalan, pengelolaan sampah, saluran permukaan air dan banyak lainnya. Sementara Badan Lingkungan Hidup (BLH) hanya sebagai stake holder atau motor penggerak untuk kegiatan ini secara global.

"Untuk detailnya, kegiatan ini tentu sudah ada dengan instansi-instansi terkait masing-masing. Misalnya untuk terminal, itu zonanya Dishub, kemudian pasar zonanya dinas pasar. Begitu juga dengan soal anggaran sudah ada di satker masing-masing, jadi yang dibutuhkan hanyalah komitmen bersama agar Adipura ini dapat diraih," paparnya.
 

Utuk penilaian Adipura tahun 2014 ini akan diumumkan pada tahun 2015 mendatang. Penilaiannya akan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2014 hingga bulan April 2015 dari Tim Propinsi dan Pusat bersama tim penilai dari lingkungan lainnya. (kor. htl)
 

Editorial: Rio Ahmad

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved