DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Buka Musrenbang, Ini Kata Bupati Siak

Editor :Doni Ruby Saputra Rabu,30 Maret 2016 | 09:54:38 WIB
Buka Musrenbang, Ini Kata Bupati Siak Ket Foto : Pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten Siak, Selasa 29 Maret 2016

PELITARIAU, Siak- Pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten Siak, Selasa 29 Maret 2016 kemarin. Terlihat Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi begitu serius dalam penyampaiannya di hadapan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sebab dalam pembahasannya itu. 

 

Ia memiliki keinginan yang kuat dalam mengembangkan sektor pariwisata di Siak agar menjadi salah satu tujuan wisata di Sumatera tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017. Demikian juga sektor ekonomi kerakyatan yang difokuskan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Dirinya juga sangat berharap skepada SKPD agar lebih bekerja keras guna mewujudkan UMKM yang professional dan bisa bersaing di kancah ekonomi nasional.

 

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak memperhatikan sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta prioritas bantuan terhadap warga yang kurang mampu. 

 

Hal ini sejalan dengan pembangunan sektor unggulan nasional dengan arah kebijakan pembangunan industri pariwisata, dimana peningkatan partisipasi usaha lokal dan keragamannya. Dalam hal ini UMKM dan pertanian dalam arti luas memiliki daya saing," ujarnya

 

Syamsuar juga menjelaskan, Di samping itu juga dilakukan pengembangan pelabuhan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) yang telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui PP Nomor 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Nasional Tahun 2015-2033.

 

Kemudian dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau 2014-2019 yang mana KITB ditetapkan menjadi kawasan strategis Provinsi Riau dan diharapkan menjadi salah satu poros maritim nasional untuk mendukung program nasional.

 

Program prioritas yang akan dilaksanakan dalam RKPD 2017 adalah, meningkatkan kualitas SDM yang sehat, cerdas, berakhlak, beriman dan bertaqwa serta berbudaya melayu. 

 

Mewujudkan pembangungan infrastruktur daerah yang merata di kampung-kampung serta menerapkan pembangunan berwawasan lingkungan.

 

Kemudian, mewujudkan perekonomian daerah yang mandiri dan berdaya saing melalui  pembangunan dan pengembangan sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan serta sektor-sektor produktif lainnya. 

Mewujudkan destinasi pariwisata yang berdaya saing serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dan layanan publik yang prima.

 

"Saya minta kepada seluruh pimpinan SKPD agar dapat menyusun program dan kegiatan dalam rangka mendukung program prioritas tersebut dengan membuat sasaran yang jelas," tegasnya.

 

"Berkurangnya pendapatan kita, terutama dana bagi hasil dari pusat, jangan menjadi kendala bagi kita. Untuk itu optimalkan eksistensi kerja sama antar daerah agar terjadi singkronisasi pembangunan yang lebih efisien dan efektif,"imbuh Syamsuar.***dni

 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved