DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Terjadi Karhutla, Bupati Suyatno Ikut Turun Padamkan Api

Editor :Jarmain Sabtu,12 Maret 2016 | 20:26:37 WIB
Terjadi Karhutla, Bupati Suyatno Ikut Turun Padamkan Api Ket Foto : Bupati Suyatno terlihat sedang melakukan pemadaman api yang berada di kepenghuluan sungai segaja kecamatan kubu

PELITARIAU,ROHIL- Lahan di sepanjang 24 hektar, tepatnya di kepenghuluan Sungai Segajah Jaya,kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), kini mengalami kebakaran. 

 

Bupati Suyatno juga didampinggi Kapolres Rohil AKBP Subiantoro dan Dandim 0321 letkol Bambang Sukisworo, langsung menunju kelokasi. Pantuan Pelitariau.com mengatakan, setibanya Bupati dan rombongan di Kepenghuluan Sungai Segajah jaya, Kecamatan Kubu, Bupati Suyatno langsung mengambil alih nozel (selang air) dan langsung menyemprotkan ke lahan yang terbakar tersebut.

 

Bupati suyatno mengatakan sebayak 24 hektar lahan ilalang  milik masyarakat hangus terbakar. Pemadaman sudah api ini  telah berlangsung selama satu minggu, yang dipadamkan oleh masyarakat dibantu polsek, danramil manggala agni dan bpbd rohil, hingga pemerintah kecamatan.

 

Pemerintah Daerah Rohil berterimakasih kepada jajaran tni dan polri maanggala agni, brimob yang sudah membantu memadamkan titik api, " hasil hari ini cukup memuaskan kita sudah bisa memadamkan titik api berkat bantuan tni polri manggala agni brimob dan masyarakat, "kata Bupati Suytano.

 

"Pemadaman hari ini yang dilakukan mulai dari pagi hingga sore cukup membuahkan hasil, terlebih lagi tadi dilakukan water bombing menggunakan helikopter sinarmas, alhamdulillah titik api bisa dipadamkan,"Ucap Suyatno.

 

Untuk itu, Suyatno Suyatno menghimbau kepada petugas yang lain untuk tetap waspada disaat memadamkan titik api, tentunya dengan cara teknis yang sudah dimiliki,suyatno juga mengingatkan jika karlahut ini dibiarkan, maka akan lebih berbahaya lagi bagi masyarakat, bahkan daerah ini,"Cetus Bupati.

 

"Pasca pemadaman ini petugas akan senantiasa berjaga dilokasi kebakaran, sebab tidak tertutup kemungkinan karlahut bisa saja terjadi kembali,"Kata Suyatno, saat melakukan pemadam api.

 

Untuk kecamatan lain belum ditemukan titik api, dan hal ini harus dipertahankan jangan sampai terjadi. Bupati Suyatno secara tegas menghimbau kepada seluruh masyarakat Rohil untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, sebab dampak yang ditidak baik.

 

"Sebab dampak yang ditimbulkan sangat lah buruk, dalam kesempatan itu suyatno juga menegaskan bahwa jika ditemukan membakar lahan dwngan sengaja, maka tidak akan diberi ampun sang pembakar lahan tersebut,"Terangnya.

 

Hal yang senada disampaikan datuk Penghulu Sungai Segajah Kamaruzaman mengatakan titik api ini sudah mulai berkurang, beberapa waktu lalu api sangat menyala, untuk alat ada dari pemerintah dan dari  masyarakat, sedangkan sumber air masih ada dan bisa untuk memadamkan api

 

Tambahnya, Kanal blokinh sudah ada 6 kanal block, saat ini sudah difungsikan, tapi debit air tidak tinggai sebab hujan belum turun, "tambahnya.***Jr

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved