DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hore...!!! Untuk Pertama Kalinya Pemkab Bengkalis Meraih Opini WTP

Editor :Ramdana Jumat,12 September 2014 | 21:50:18 WIB
 Hore...!!! Untuk Pertama Kalinya Pemkab Bengkalis Meraih Opini WTP Ket Foto : Bupati Bengkalis Herliyan Saleh menerima Penghargaan WTP Pengelolaan Keuangan Daerah TA 2013 lalu dari Kepala BPK RI Perwakilan Riau Widiyatmantoro, Jumat (12/9/14).

PELITARIAU, BENGKALIS - Untuk pertama kali, pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Bengkalis (Pemkab) Bengkalis meraih opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau. Opini yang diberikan tersebut, karena dinilai berhasil menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2013.

Opini WTP tersebut diserahkan langsung Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Widiyatmantoro kepada Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, di Kantor BPK, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Jumat (12/9/14). Juga disaksikan, Ketua DPRD Jamal Abdillah, Wakil Bupati Bengkalis Suayatno, Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin, Inspekstur Bengkalis Muklis, seluruh Kepala SKDP di lingkungan Pemkab Bengkalis dan Camat se-Kabupaten Bengkalis.

“Alhamdulillah, penghargaan opini ini patut disyukuri. Karena sebelumnya pengelolaan keuangan pada tahun lalu meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP), dan tahun ini naik menjadi WTP. Apa yang diraih hari ini, berkat kerja keras aparatur Pemkab Bengkalis untuk mewujudkan good governance dan clean goverment,” ungkap Herliyan Saleh dikutip dari release Humas Setdakab Bengkalis, Seperti dilansir riauterkini.com.

Lebih lanjut Herliyan mengatakan, pencapaian WTP merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk meningkatkan kinerja. Untuk mempertahankan WTP ini, Bupati Herliyan menginstruksikan seluruh SKPD menghidupkan sistem pengendalian internal dan lebih hati-hati dalam perencanaan kegiatan maupun melaksanakan kegiatan.

Pemkab Bengkalis akan terus berupaya memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang menjadi temuan pemeriksaan BPK. “Kami menyadari masih ada kekurangan dan kelemahan pada pengelolaan keuangan dan asset. Terhadap kekurangan, seluruh SKPD untuk segera menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan,” kata Bupati Herliyan lagi.

Terhadap kelemahan dan kekurangan, Pemkab Bengkalis akan melakukan langkah-langkah nyata pada masa yang akan datang. Diantaranya, penyetoran sisa UYHD yang tepat waktu, penyetoran penerimaan tepat waktu, pengelolaan uang persediaan yang lebih baik, pengelolaan asset tetap yang semakin tertib, pertanggungjawaban penggunaan dana sesuai aturan, serta pembayaran atas pelaksanaan kegiatan sesuai dengan progres pekerjaan.

“Melalui perbaikan itu diharapkan pengelolaan keuangan menjadi semakin baik, sehingga bisa mempertahankan lagi WTP di tahun mendatang,” harapnya.

Pada 2015 mendatang, laporan keuangan Pemda mengalami perubahan sesuai Permendagri Nomor 64/2013, tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual. Berkaitan penerapan sistem ini, Pemkab Bengkalis melakukan sosialisasi Permendagri tersebut, melaksanakan Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan bekerjasama dengan Ikatan Akuntansi Indonesia wilayah Riau.

Bupati Bengkalis berharap BPK RI perwakilan Riau melakukan pembinaan melalui konsultasi maupun berbagai saran dan rekomendasi. “Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran BPK RI Perwakilan Riau atas kerjasama, perhatian dan pembinaannya selama ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Riau Widiyatmantoro berharap, Pemkab Bengkalis mampu mempertahankan dan meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Provinsi Riau.

“Selain itu agar hasil pemeriksaan Laporan Keuangan 2013 ditindaklanjuti sesuai Pasal 8 Ayat (2) UU Nomor 15/2006, tentang BPK,” pintanya. (PR-cr.Ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha

 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved