DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemkab Bengkalis Komit Laksanakan Penerapan SAP Akrual

Editor : Sabtu,07 November 2015 | 16:21:08 WIB
Pemkab Bengkalis Komit Laksanakan Penerapan SAP Akrual Ket Foto : Pj Bupati Bengkalis Ahmad Syah Harrofie berbincang bersama Kepala BPK RI Perwakilan Riau Harry Purwaka saat mengikuti acara di Kantor BPK RI Perwakilan Riau di Pekanbaru, Jumat (6/11/15), riauterkini

PELITARIAU, Bengkalis- Penjabat Bupati Bengkalis Ahmad Syah Harrofie mengatakan, sebagaimana juga daerah lain, pada tahun 2015 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis juga sudah menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual.

“Penerapan SAP berbasis akrual tersebut sudah kita lakukan pada tahun 2015 ini mulai dari tahap perencanaan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai penyusunan laporan keuangan,” jelas Ahmad Syah.

Dikatakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Riau ini, untuk menerapkan SAP berbasis akrual ini, sejak tahun 2014 Pemkab Bengkalis telah melakukan berbagai langkah persiapan.

Dari aspek regulasi, misalnya Bupati Bengkalis telah menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) Bengkalis Nomor 58/2014 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.

“Perbup Nomor 58/2014 ini merupakan pedoman kita dalam pelaksanaan SAP berbasis akrual di lingkungan Pemkab Bengkalis,” jelasnya, Jumat (6/11/15), seperti dilansir riauterkini.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri, hal itu dikemukan Ahmad Syah usai mengikuti acara di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Riau di Pekanbaru.

Selain Ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi, dari Kabupaten Bengkalis yang ikut hadir dalam kegiatan yang juga dihadiri Pelaksana Tugas Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Kepala BPK RI Perwakilan Riau Harry Purwaka tersebut, yaitu Sekretaris Daerah Burhanuddin, Inspektur Mukhlis dan Kepala Bagian Keuangan Akmal.

Kemudian, sambung Ahmad Syah, agar seluruh elemen pengelola keuangan di lingkungan Pemkab Bengkalis mampu melaksanakan SAP berbasis akrual, pada tahun 2014 melalui Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Bengkalis juga telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Perbup Nomor 58/2014.

“Sesuai laporan Kepala Bagian Keuangan kegiatan sosialisasi tersebut diikuti 44 Pejabat Pengelola Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan 56 tenaga akuntansi. Selain itu kita juga terus meningkatkan kualitas mereka, seperti melalui berbagai kegiatan bimbingan teknis,” katanya.

Ahmad Syah juga menjelaskan bahwa Pemkab Bengkalis sangat komit dalam melaksanakan penerapan SAP berbasis akrual ini. Katanya, selain merupakan salah satu upaya Pemkab Bengkalis dalam mewujudkan transparansi, akuntabilitas serta good corporate governance, juga untuk mepercepat peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sebab, informasi yang dihasilkan sangat diperlukan sebagai dasar membuat kebijakan publik yang lebih baik, yang pada akhirnya tentu akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Makanya kita sangat komit sekali dalam menerapkannya,” imbuhnya.cr-ram

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI
shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved