DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kodim 0320 Dumai Bantu Pemerintah Daerah Cegah Bencana Alam

Editor :Rizal Dumai Sabtu,13 Juni 2015 | 04:25:39 WIB
Kodim 0320 Dumai Bantu Pemerintah Daerah Cegah Bencana Alam Ket Foto : Kegiatan Posko I Makodim Dumai antisifasi bencana Alam seperti Karhutla

PELITARIAU, Dumai - Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus mampu mengantisipasi dan melakukan penanganan kasus Kebakatan hutan dan Lahan (Karhutla). TNI harus sigap membantu Pemerintah daerah (Pemda) menanganai bencana alam.

Demikian disampaikan Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi dalam acara pelatihan guna penanganan bencana alam Selasa (9/6) Posko 1 dalam ruangan pertemuan Aula Sudirman Kodim 0320 Dumai Jalan Sultan Syarif Kasim.

"Melalui Kegiatan Posko 1 Kodim 0320 Dumai siap Membantu Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menangani Bencana Alam di Wilayahnya," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, mencegah bencana akan sangat lebih baik dan efesien ketimbang melakukan tindakan setelah adanya kasus Karhutla tersebut terjadi. Terkiat bagaimana cara melakukan pencegahannya, itu kembali pada penjalanan tata cara, prosedur dan mekanisme instansi dan Dinas terkiat dalam bekerjasama dan mempelajari situasi dan kondisi wilayahnya.

"Untuk itu, kedepannya mari kita semua khususnya Kodim 0320/Dumai bersama Dinas dan instansi terkiat lainnya bekerjasama dalam menanggulangi kasus Karhutla yang kerap kali terjadi di Kota Dumai, khususnya ketika sudah memasuki musim kemarau," katanya.

Menanggulangi bencana alam seperti karhutla harapnya, tidak terlalu menggangu jalannya roda Pemerintahan daerah. Jika terjadi Karhutla bisa mengancam kesehatan masyarakat Kota Dumai khususnya anak-anak penerus bangsa dengan munculnya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Selain itu, yang menjadi hal utama atas perkembangan situasi beberapa titik Karhutla yang kerap terjadi di Kota Dumai khususnya ketika sudah memasuki musim kemarau ialah adanya komplain dari negara-negara lain tepatnya negara tetangga atas timbulnya kabut asap akibat Karhutla yang tak menutup kemungkinan dapat bergerak hingga kewilayah mereka.

Sementara itu Dandim 0320 Dumai Letkol Kav Afkar Mulya,SE mengatakan bahwa sesuai perkembangan situasi Kota Dumai, beberapa titik Karhutla telah mengganggu jalannya 'Roda' Pemerintahan Kota Dumai.

"Semoga melalui Gladi Posko 1 Kodim 0320 Dumai, selain mampu membuat petugas dan instansi terkait bersama-sama mencegah dan melakukan tindakan dalam penangan bencana alam Karhutla, juga dapat membuat masyarakat sadar akan pentingnya menjaga daerahnya," tutupnya.***Hf

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved