DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Antisipasi Abrasi, Pemkab Rohil Bangun Turap di Sungai Rokan

Editor : Senin,23 Maret 2015 | 14:11:22 WIB
 Antisipasi Abrasi, Pemkab Rohil Bangun Turap di Sungai Rokan Ket Foto : rohil

PELITARIAU, Bagansiapiapi - Mengantisipasi terjadinya abrasi di sepanjang pinggiran Sungai Rokan di Batu Enam, Pemkab Rohil menganggarkan pembangunan turap menggunakan batu gunung. Rencana program pembangunan turap setelah dilakukan kajian bersama dinas terkait.
 
"Anggaran tahun 2015, rencana Kita akan bangun turap mencegah abrasi akibat pasang surut air laut di sepanjang pinggiran Sungai Rokan Batu Enam," kata Wakil Bupati Rohil, Erianda, SE, kemarin,
 
Menurutnya, bangunan turap nantinya untuk menjaga supaya kikisan air tidak bertambah banyak, kemudian menjaga objek wisata yang sudah dibangun pemerintah daerah, seperti lokasi rekreasi keluarga, taman bunga, lokasi pasar dan bangunan pemerintah.
 
Sebab, tambah Wabup, program pembangunan turap menggunakan semenisasi tidak dapat bertahan lama, ditambah kondisi tanah di sepanjang pinggiran sungai yang labil. Hal ini dapat menyebabkan bangunan turap tidak bertahan lama.
 
"Rata-rata kondisi tanah di sekitar pinggiran sungai labil, ditambah kuatnya hempasan riak air laut serta pasang surut air. Saya pikir solusinya hanya menggunakan turap batu gunung," ucapnya lagi.
 
Selain itu, bangunan turap batu gunung diyakini dapat menahan terjadinya abrasi serta hantaman ombak air laut. Disamping itu juga menjaga beberapa fasilitas kantor milik.
 
"Sudah masuk program, secepatnya akan dibangun tahun ini. Kita berharap segala fasilitas milik Pemkab Rohil berupa taman maupun patung hias dapat terjaga dengan baik," harapnya.*Adv/Jar

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved