DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

KPU Meranti Sosialisasi PKPU No 9 Tahun 2015

Editor : Sabtu,06 Juni 2015 | 22:30:04 WIB
KPU Meranti Sosialisasi PKPU No 9 Tahun 2015 Ket Foto :

PELITARIAU, Selatpanjang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Jumat (5/6) menggelar Sosialisasi Peraturan KPU No 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan dan Sistem Aplikasi Pencalonan kepada Partai Politik dan Pemangku Kepentingan.

 

Sosialisasi yang dilaksanakan di Grand Meranti Hotel, Jalan Dorak Selatpanjang itu, dalam rangka  mempersiapkan Pilkada serentak Kabupaten Meranti yang dijadwalkan pada 9 Desember 2015 mendatang.

 

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Yusli SE, mengatakan bahwa KPU Kepulauan Metanti telah melaksanakan beberapa tahapan, tentang pencalonan sesuai dengan tahapan pencalonan pada tanggal 25-28 Juli 2015.

 

"Kalau tidak ada Calon yang mendaftar pada tanggal tersebut, maka akan dilakukan perpanjangan," ungkap Yusli.

 

Diterangkannya juga, tahapan pencalonan ini sangat penting, karena sampai saat ini tahapan calon perorangan mendapat dukungan dari masyarakat.

 

"Bagi yang mengajukan diri secara perorangan akan melaporkan jumlah dukungannya kepada KPU, dan dari pihak KPU sendiri akan memferifikasi dukungan tersebut,"
terangnya.

 

Yusli menambahkan, untuk Pencalonan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik akan memperoleh paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPRD, atau 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilihan Umum Anggota DPRD.

 

"Hal ini sangat penting, terutama partai politik yang nantinya akan mengusung para calonnya untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015," pungkas Yusli.

 

Sementara itu, Asisten Bidang Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Rismawardi, mengatakan kegiatan ini sangat penting dilakukan, yakni untuk mematangkan persiapan Pilkada mendatang.

"Apalagi saat ini, KPU Meranti mulai melangkah ke tahapan Aplikasi Pencalonan, dan ini merupakan suatu langkah yang sangat penting," ungkap Rismawardi.

 

Dikatakannya juga, bagi Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) ini merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan Pilkada nantinya, "Panwaslu harus bergerak dalam membantu KPU yang berkaitan dengan pendataan pemilih yang valid," tuturnya.

 

Rismawardi berharap, dengan digelarnya kegiatan Sosialisasi ini, mudah-mudahan dapat menambah pemahaman mengenai sistem Aplikasi Pencalonan.***dn

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved