DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pelantikan Kades Terpilih di Meranti

Bupati Irwan: Himpun Semua Aspirasi Untuk Percepatan Kemajuan Desa

Editor :Doni Ruby Saputra Rabu,13 Mei 2015 | 22:36:14 WIB
Bupati Irwan: Himpun Semua Aspirasi Untuk Percepatan Kemajuan Desa Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Msi melakukan pelantikan Kepala desa terpilih di Kabupaten Kepulauan Meranti

Dalam pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih di sejumlah desa se Kabupaten Kepulauan Meranti Bupati Irwan berharap, Kades mampu menjadi garda terdepan dalam menyerap aspirasi masyarakat desa, demi kemajuan pembangunan untuk masyarakat.

"Kades harus menampung semua aspirasi serta dijadikan acuan untuk percepatan pembangunan desa, kata Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Msi dalam pelantikan Kades Sesap Kecamatan Tebing Tinggi dan Kepala Desa Lukut Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Pelantikan dilaksanakan bertepatan dihalaman kantor Desa Sesap dan Lukut, pada Selasa (5/5) kemarin, pelantikan dihadiri Asisten I Sekdakab Kepulauan Meranti Alizar, S.Sos, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Ikhwani, Camat Tebing Tinggi Asrorudin, Camat Tebing Tinggi Timur Helfandi, tokoh masyarakat dan lainnya.

Kepala Desa Sesap terpih dalam Pilkades serentak kemarin adalah Jumri dan Kepala Desa Lukun adalah Lukman, diawali dengan pengucapan sumpah jabatan Bupati memasangkan tanda pangkat dan jabatan.

Bupati Irwan menegaskan agar kedua Kades terpilih dapat memberikan kebaikan dan dapat berbuat banyak pada Desa yang dipimpinnya, dengan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan serta kekompakan. "Tidak boleh ada lagi perbedaan, Kades harus dapat merangkul seluruh masyarakat begitu juga masyarakat hendaknya mendukung Kades terpilih," himbau Irwan.

Menurut Irwan, setelah Kades terpilih didapat, artinya Kades tersebut bukan hanya milik satu kelompok atau tim suses saja tetapi sudah menjadi milik seluruh masyarakat. "Kades terpilih harus mampu merangkul seluruh masyarat, Kades merupakan semua Bapak bagi seluruh masyarakat, mari bersatu padu mendukung kemajuan desa Sesap, Kadespun menyerap semua aspirasi masyarakat untuk pembangunan desa lebih baik lagi," ujar Bupati Irwan.

Peran Kades sangat strategis dalam mengkoordinasi seluruh program pembangunan Desa, namun hal itu tak akan terwujud jika tidak ada kerjasama antar Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Camat sebagai perwakilan Pemerintan Kabupaten. Untuk itu Bupati mengajak BDP dan Kades dapat bersatu padu menghimpun aspirasi masyarakat untuk bersama membangun Desa.

"Mari tingkatkan kerjasama antara Kades dan BPD sebagai perwakilan masyarakat dalam rangka mensinkronkan rencana pembangunan," ucap Bupati.



Pada kesempatan itu Bupati Irwan juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Kades sebelumnya yakni Mantan Kades Sesap Selamun dan Mantan Kades Lukit M Raub.

Dijelaskan Bupati, dalam rangka mempercepat pembangunan Desa, saat ini Pemkab. Meranti telah menganggarkan anggaran pembangunan Desa sebesar 1.4 Miliar/Desa dari APBD Meranti, anggaran ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan. "Selain dengan BPD, Kades juga harus berkoordinasi dengan Camat dan SKPD lainya," ucap Bupati.

Akhir kata, Bupati Irwan mengucapkan apresiasinya kepada masyarakat yang telah menunjukan kedewasaan politik, lewat penyelenggaraan Pilkades yang lancar, aman dan damai.

Khususnya Pilkades Desa Lukut yang tergolong unik dan sangat Demokratis kata Bupati, meskipun hanya terjadi selisih satu suara namun bisa diterima oleh semua kelompok. "Saya berharap Pilkades Lukut dapat menjadi contoh daerah lainnya dan kondisi aman, tertip dan lancar ini harus tetap dipertahankan demi Meranti yang cemerlang, terbilang dan gemilang.

Kades Banglas Dilantik

Kepala Desa (Kades) Bangalas Kecamatan Tebingtinggi terpilih Syamsurizal SH untuk masa bakti priode 2015-2021  dilantik. Pelantikan dipimpin langsung Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Msi kemarin, Dalam pelantikan Bupati berharap Amanah yang diberikan masyarakat hendaknya dijaga dan dijalankan untuk kemajuan daerah.

Pelantikan Kades Baglas terpilih, Syamsurizal SH, ditandai dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan oleh Bupati Irwan, yang dipusatkan di Kantor Desa, jalan Banglas, Selatpajang.

Kepada Kades terpilih Bupati Irwan berpesan agar amanah yang dipercayakan masyarakat dan telah disahkan oleh negara, dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dalam rangka memenuhi harapan masyarakat, membangun Desa Banglas lebih baik lagi kedepan.

 

"Kemenangan merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya, kepada Kades terpilih mari rangkul semua kelompok yang berkompetesi, jangan sampai terjadi perpecahan, dan bagi pihak yang kalah mari dukung Kepala Desa terpilih dengan tetap menjaga kekompakan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada Kades sebelumnya, Muhammad atas pengabdiannya selama kurun waktu 6 tahun terakhir.

Dijelaskan Bupati Irwan, pelantikan Kades Banglas, merupakan pelantikan Kades pertama, yang sengaja dipilih karena berada di pusat Kabupaten yang menjadi fokus pembangunan di Kabupaten Meranti, untuk itu sangat diperlukan peran Kades sebagai koordinator semua program Pemda kepada masyarakat.

"Banglas saat ini sedang gencar dilakukan pembangunan infrastruktur salah satunya pembangunan jalan utama, untuk itu saya berharap partisipasi semua pihak. Dan keberadaan Pemerintahan Desa, diperlukan untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan masyarakat, untuk mendukung program pembangunan, sehingga dapat selesai tepat waktu dan memuaskan," jelas Irwan.

Seperti diketahui, Pemda Meranti sedang melakukan peningkatan jalan Perumbi yang bakal menjadi jalan utama, Pemda menargetkan sebelum bulan puasa jalan sudah rata dan lebar, begitu juga jalan Pramuka dan jalan Pemuda Setia.

Bupati menyadari, dampak pembangunan yang sedang dilaksanakan, terkadang menimbulkan ketidaknyamanan, khususnya pengguna jalan dan masyarakat yang lahannya terkena imbas pelebaran jalan. Untuk itu Irwan meminta, bagi masyarakat yang terganggu diharap memaklumi begitu juga bagi masyarakat yang lahannya terkena dampak pelebaran untuk mengiklaskan.

"Terhadap masyarakat yang terganggu akibat adanya perbaikan jalan, saya minta dimaklumi dan jika ada tanah masyarakat yang terkena pelebaran agar dapat diikhlaskan, ini semua agar kota semakin terbuka, masyarakat yang tinggal semakan tenang dan nyaman," ucap Irwan seraya mengingatkan Kades untuk memberikan pengarahan pada masyarakat.



Irwan juga berpesan kepada Kades yang baru dapat melanjutkan program pembangunan yang ditinggalkan Kades lama, ia berharap pembangunan semakin ditingkatkan lagi menuju Meranti yang terdepan, terbilang, gemilang dan terbilang.

Akhir kata, Irwan menjelaskan, Pilkades merupakan sebuah tahapan persiapan pemilihan Bupati yang akan digelar Desember yang akan datang. Ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi aman dan kondusif dengan selalu menjaga persatuan dan kekompakan. "Yang penting semua tetap bersatu dan kompak siapapun yang jadi Bupati tidak masalah asalkan mampu dan berkomitmen membangun Kabupaten Meranti lebih baik dimasa datang,"pungkas Bupati.

Sekedar informasi, pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan cendera mata dari tokoh masyarakat Bangkas Syamsudi Sulung berupa pedang kepada Bupati Kepulauan Meranti Irwan.***Adv

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved