DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Kampar Serahkan Hadiah pada Warga Berprestasi di HUT RI ke-69

Editor :Ramdana Senin,18 Agustus 2014 | 21:51:16 WIB

PELITARIAU, BANGKINANGKOTA - Bupati Kampar H Jefry Noer tidak henti-hentinya untuk memberikan semangat kepada jajaran aparatur pemerintah dilingkungan Kabupaten Kampar untuk tetap fokus kepada dalam membangun dan melayani masyarakat dengan baik sehingga mampu mewujudkan Kampar bebas dari kemiskinan.

“Kampar melalui 5 Pilar Pembangunan akan mewujudkan 3 zero yakni zero kemiskinan, zero pengangguran dan zero rumah-rumah kumuh pada tahun 2015 akhir yang akan menciptakan kesejahetraan bagi masyarakat, untuk itu demi percepatan tercapai 3 zero tersebut seluruh aparatur yang terkait didalamnya khususnya camat harus mampu berbuat untuk masyarakatnya melalui program-program kesejahteraan yang telah dilaksanakan”ucap Jefry.

Hal itu dikatannya pada malam resepsi kenegaraan dalam rangka HUT RI ke-69 di Balai Bupati Kampar Ahad malam (17/8/14), seperti dilansir riauterkini.com

Jefry juga mengatakan dalam pilar ke dua yakni peningkatan ekonomi kerakyatan, Kampar telah banyak berbuat yang diawali dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada masyarakat sebanyak 250 orang per 2 minggu, baik itu pertanian, perikanan, perkebunan, perikanan juga koperasi di komplek pelatihan P4S desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar secara gratis atau tidak dipunggut bayaran.

Setelah tamat dari pelatihan mereka akan diberikan pinjaman modal melalui dana bergulir untuk mengembangkan ilmu yang mereka dapat di tempat pelatihan sesuai kebutuhannya, seperti perikanan Rp.30 juta, perkebunan dan pertanian Rp.60 juta dan peternakan sapi sebesar Rp.100 hingga 150 juta.

Dalam mengelola usaha mereka lanjut Jefry, para petani tersebut akan membutuhkan minimal 3 orang tenaga pembantu dan ini artinya petani tersebut juga belajar menjadi seorang menejer dalam pengelolaan usahanya. “sebenarnya mereka yang ikut pelatihan P4S tersebut bukan belajar menjadi petani tetapi belajar menjadi seorang entrepreneurship,”kata Jefry.

Banyak sudah keberhasilan yang sudah diraih oleh masyarakat, diantaranya penamaan bawang merah di desa sei Geringging kecamatan Kampar Kiri yang kualitasnya melebih dari daerah asal bawang tersebut yakni brebes. Kemudian keberhasilan masyarakat dalam menanam cabe di Kecamatn Tapung hulu yang menghasilkan 1,2 milliar sekali panen.

“Jika masyarakat betul-betul punya niat untuk bangkit dari keterpurukan ekonominya maka saya yakin Kampar ini akan terbebas dari kemiskinan sebab kita hanya memberikan memberikan pancing dan umpannya, jika masyarakat ingin maju maka harus rajin, ulet dan punya niat untuk bangkit dari kemiskinan”tutur Jefry.

Dibidang koperasi, Kampar pada tahun ini sedang mendirikan 100 koperasi di desa-desa percontohan, hal ini akan memudahkan masyarakat untuk menambah modal usaha mereka dan nantinya juga akan mendirikan waserda yang akan menjual 9 pokok kebutuhan masyarakat.

“Harga 9 pokok kebutuhan masyarakat akan lebih murah dari harga dipasaran karena kita akan mengambil barang tersebut langsung distributor dalam artian kita kan memutus mata rantai sehingga kita bias menjual kemasyarakat dengan harga murah”ujar Jefry.

Untuk bidang pendidikan, Kampar telah menggratiskan biaya sekolah mulai dari SD, SLTP dan SMA dan juga telah melaksanakan pemberian bantuan pakaian sekolah untuk siswa SD sebanyak 32 ribu paket yang terdiri dari 2 stel baju, 1 pasang sepatu dan tas sekolah pada tahun 2013. Dan untuk tahun 2014 ini Kampar akan memberikan bantuan 1000 paket baju sekolah untuk siswa SMP dan 1500 paket untuk siswa SMA yang kurang mampu.

Sebelumnya Tokoh Masyararak H Herman Abdullah mengatakan dalam usia ke-69 bangsa Indonesia sudah banyak mencapai kesejahteraan masyarakat, begitu juga di Kabupaten Kampar dibawah kepemimpinan H Jefry Noer melalui program 3 zero dapat berjalan dengan baik sehingga mampu mengentaskan pengangguran,kemiskinan dan rumah-rumah kumuh.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan pemberian hadiah kepada tenaga pendidik, kelompok tani dan masyarakat yang sudah berbuat dengan memberikan kontribusi kepada daerah serta penerimaan 1 unit mobil ambulan dari Bank Tabungan Negara (BTN) kepada Pemerintah Kabupaten Kamppar yang langsung diteriima oleh Bupati Kampar H Jefry Noer. (PR-cr.Ram)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved