DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

BLH Meranti Sosialisasi Cara Mengolah Limba

Editor : Selasa,14 April 2015 | 06:39:00 WIB
BLH Meranti Sosialisasi Cara Mengolah Limba Ket Foto : BLH lakukan sosialisasi bersama para pengusaha pengelola bahan pangan sagu???? Dihdiri sejumlah pengusaha pengelola sagu, dan sejumlah masyarakat juga dinas terkait

PELITARIAU, Selatpanjang - Badan Lingkungan Hidub (BLH) Kepulauan Meranti, lakukan sosialisasi bersama para pengusaha pengelola bahan pangan sagu. Sosialisasi dilaksanakan tentang bagaimana cara mengelola limbah dengan baik.

 

Sosialisasi BLH diantaranya menyangkut  mendaur ulang limbah sagu  untuk dapat dipergunakan lagi. Sebab limbah sagu tersebut dapat dijadikan Pupuk atau untuk pengembangan jamur,  kegiatan sosialisasi dilaksanakan di uala Resto Kopitiam jalan diponegoro selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti (14/04).

 

Kepala BLH Kep. Meranti Drs Irmansyah Msi mengatakan agar limbah-limbah yang dimiliki pengusaha sagu agar dapat ditumpuk disatu tempat dilakukan peringan. Jika sudah ditumpuk dalam tempat penampungan, beberapa minggu kemudian, bisa diambil dan dijadikan pupuk serta berdampat besar untuk masyarakat. lumayan menam penghasilan.

 

Menurut Irmansyah  jika ingin mempercepat proses pengelolahan limbah dari sagu ini, bisa juga dicampurkan dengan bahan zat-zat tertentu. Karena ini tahap pembinaan, tentang bagaimana  kilang sagu ini tetap berjalan yang saat ini jumlah kilang  ada sekitar 42 kilang sagu.

 

Dirinya mengharapkan, bagamanai agar kilang sagu tetap beroperasi dengan baik serta juga bisa menjaga lingkungan agar tidak tercemar, juga bisa menjaga biota laut yang ada dikepulauan meranti. Kalau di buang lansung, mungkin sangat berbahaya bagi biota laut, karena sedikit banyak limbah ini mengandung zat asam sehingga menyebabkan ikan susah bernafas.

 

“Hal itu bisa meruksak ekosistem, jika masyarakat dapat mengelola terlebih dahulu tentunya tidak akan ada dampak yang berbahaya.

Untuk itu BLH berupaya agar tetap menjaga ekosistem, dan menjaga biota laut, menjaga ke seimbangan serta menimalisir limbah,”ungkapnya

 

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved