DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Irwan dan Menkes RI Teken MoU Kesehatan

Editor : Kamis,26 Maret 2015 | 16:54:55 WIB
Bupati Irwan dan Menkes RI Teken MoU Kesehatan Ket Foto :

PELITARIAU, Jakarta - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, MSi mendukung Program Nusantara Sehat yang digagas Kementerian Kesehatan RI. Dukungan itu diwujudkan dengan turut menandatangani Surat Pernyataan Komitmen antara Menteri Kesehatan RI dengan 48 Bupati/Walikota Daerah Perbatasan Se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Bina Karna Jakarta, Rabu (25/3).

 

Menurut  Nila, Saat ini masih banyak tantangan kesehatan di Indonesia yang harus diselesaikan. Bukan hanya masalah kesehatan langsung tapi juga yang berasal dari luar kesehatan diantaranya akses air minum yang masih belum memenuhi seluruh lapisan masyarakat, meningkatnya jumlah perokok usia10 tahun keatas, serta proporsi asupan nutrisi anak dari sayur dan buah-buahan,

 

"Faktor determinan ini sangat menentukan pencapaian target pembangunan kesehatan," ujar Menkes.

 

Untuk itu Menteri berharap kepada Kepala Daerah untuk memberikan perhatian serius pada permasalahan kesehatan. Terlebih dengan sudah beralihnya masalah kesehatan dimana pada tahun 90-an Indonesia dihadapkan pada masalah penyakit menular namun kini penyakit tidak menular semakin menghantui, tercatat angka kematian manusia Indonesia yang disebabkan oleh penyakit tidak menular mencapai 58 persen.

 

"Ini sangat berhubungan dengan prilaku hidup tidak sehat, kurang asupan gizi, olahraga, merokok dan konsumsi alkohol," jelas Menteri.

Selain itu akibat kurangnya asupan nutrisi pada bayi usia dini mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan dan penurunan IQ anak Indonesia masalah ini perlu disikapi serius oleh seluruh Kepala Daerah.

 

Menteri menyarankan Pemda agar melihat permasalahan kesehatan secara holistik mulai dari siklus bayi sampai manula. Selain itu akses pendukung air bersih, listrik, pendidikan juga harus dituntaskan.

 

Saat ini tahun 2015 Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan sesuai dengan visi dan misi presiden, salah satunya melalui Program Indonesia sehat yang terdiri dari 3 komponen, melakukan penguatan layanan kesehatan, jaminan kesehatan nasional, dan mewujudkan paradigma sehat.

 

Dalam rangka menguatkan layanan kesehatan didaerah terpencil perbatasan, Kementerian Kesehatan akan menempatkan tim tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga labor, dan kefarmasian yang berusia dibawah 30 tahun tim ini akan bekerja untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

 

"Tim yang ditempatkan langsung diwilayah terpencil, untuk mewujudkan layanan kesehatan primer yang terjangkau oleh setiap anggota masyarakat dipelosok nusantara," jelas Menkes lagi.

 

Pemberangkatan tim akan dilaksanakan 29 April 2015. Dan Implementasi di tingkat Kabupaten seperti dikatakan Menkes, mengisyaratkan kesiapan layanan kesehatan, sarana-prasarana, alat managemen, dan ketersediaan SDM yang dikemas dalam program agar menghasilkan layanan kesehatan yang berkwalitas. Fokus tahun 2015 Program Nusantara Sehat di Kecamatan yang berbatasan kangsung dengan negara tetangga.

 

Menyikapi hal itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, MSi didampingi Kepala Dinas Keseahatan dr. Irwan Suhendi dan Kabag Humas Eri Suhairy, mengaku mendukung penuh program Nusantara Sehat yang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan, menurutnya hal itu sejalan dengan program Pemda dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Khususnya yang berada dipedesaan yang cukup sulit diakses.

 

"Saat ini Meranti sudah menuju kesana dengan memperbaiki akses jalan, air bersih juga telah diupayakan melalui program PAMSIMAS yang sudah masuk ke beberapa Desa, perumahan sehat layak huni, intinya semua sektor yang dijalankan Pemda sudah selaras dengan program Kemenkes," jelas Bupati.

 

Sementara menyangkut persiapan menerima Tim Kesehatan Kemenkes, dikatakan Kadiskes Meranti, dr. Irwan mengaku sudah siap baik menyangkut fasilitas maupun SDM.

 

"Kita sudah siap untuk menerima Tim Nusantara Sehat, baik disarana dan prasarana, peralatan seperti terlihat kita sudan banyak membangun Puskesmas," jelas Irwan.

 

Dijelaskannya, nantinya Tim Nusantara Sehat akan ditempatkan di Tj. Samak Kecamatan Rangsang yang secara sarana dan prasarana sudah cukup memadai, Tim yang akan diturunkan minimal berjumlah 5 orang terdiri dari dokter, bidan, tenaga gizi, tenaga Analis Kesehatan yang akan bekerja selama 2 tahun.

 

"Kita berharap dengan pengimplementasian program ini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat meranti," pungkas Bupati.

 

Dalam acara yang juga diikuti oleh perwakilan Kementerian Koordinator Pemberdayaan Perempuan, Kemendagri, Kementerian Kelautan, Badan Pengelola Perbatasan, Bupati/Walikota serta Kepala Dinas Kesehatan. Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F. Moeloek Sp.M.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh komitmen dari Kepala Daerah dalam mendukung pembangunan kesehatan khususnya didaerah perbatasan dengan negara tetangga melalui program Nusantara Sehat.

 

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved