DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Lihat Kehidupan Komunitas Adat Tertinggal, Mensos RI Kunjungi Selatpanjang

Editor : Jumat,27 Februari 2015 | 16:52:38 WIB
Lihat Kehidupan Komunitas Adat Tertinggal, Mensos RI Kunjungi Selatpanjang Ket Foto :

PELITARIAU, Selatpanjang - Tertarik melihat kehidupan komunitas adat tertinggal, suku asli di Kabupaten Meranti, Menteri Sosial RI Khofifah Indarparawangsa akan mengunjungi Desa Sesap, Kecamatan Tebing Tinggi, jika tidak ada aral melintang kunjungan itu akan dilakukan, Jum'at (6/3) mendatang.

Kunjungan Mensos Ri di Desa Sesap, merupakan rangkaian kegiatan Menteri di Kabupaten Kepulauan Meranti yang dimulai dengan membuka Rakor Sosialisasi Pendistribusian Beras Miskin yang ditaja oleh Bagian Ekonomi Setdakab. Meranti.

Seperti terungkap dalam rapat persiapan kedatangan Mensos RI, yang dipimpin oleh Sekdakab. Meranti, Drs. Iqaruddin, Msi dan dihadiri oleh Asisten II Anwar Zainal, Staf Ahli Bupati Said Asmaruddin, Perwakilan Dinas Sosial, Kabag Humas, Camat Tebing Tinggi Asroruddin, Kabag Ekonomi Agusyanto dan lainnya.

Dari hasil koordinasi yang dilakukan oleh Bagian Ekonomi Setda Meranti, seperti dijelaskan Kabag Ekonomi, Agusyanto, Mensos RI sangat tertarik melihat kehidupan masyarakat desa tertinggal dan meminta Pemda Meranti untuk membawa Menteri mengunjungi salah satu lokasi komunitas adat tertinggal. Lokasi yang dipilih adalah Desa Sesap Kecamatan Tebing Tinggi.

"Permintaan Menteri ingin mengunjungi komunitas adat tertinggal sekaligus perkembangan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Meranti," ujar Agus.

Sekedar informasi, Program Keluarga Harapan (PKH) Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) merupakan program Kementerian Sosial yang dimulai awal tahun 2014 lalu.

Berkat koordinasi aktif Bupati Meranti H. Irwan, Msi melalui Dinas Sosial, Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu daerah yang mendapat sasaran program tersebut. 

Di tahun 2014 lalu dialokasikan untuk 8915 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk 17 Kecamatan dengan total bantuan Rp. 430.597.200 dan diakhir tahun 2014 berkat keberhasilan Kabupaten Meranti menekan angka keluarga miskin, Menteri Khofifah kembali menyerahkan bantuan kepada Bupati Irwan sebesar Rp. 2.813.455.000, di Kupang NTT beberapa waktu lalu.

Lebih jauh dijlaskan Agus, keberhasil penerapan program yang digagas Kementerian Sosial inilah yang mendasari Menteri sangat ingin mengunjungi Kabupaten termuda di Riau ini.

Dari informasi protokol Kementerian Sosial, Menteri Khofifah akan berangkat dari Jakarta, Kamis sore (5/3) menuju Kota Pekanbaru dan direncanakan sampai malam hari, menginap di Hotel Aryaduta Pekanbaru, keesokan harinya, Jum'at (6/3) pagi.

Menteri dan rombongan akan bergerak menggunakan Bus menuju Pelabuhan Buton Kabupaten Siak dan setibanya akan diseberangkan menggunakan Kapal Boat Pemda Meranti menuju Kota Selatpanjang.

Selanjutnya Menteri akan membuka Rakor Sosialisasi Pendistribusian Raskin di Aula Afifa Selatpanjang yang dilanjutkan dengan kunjungan ke komunitas adat tertinggal di Desa Sesap, Kecamatan Tebing Tinggi.

Dilokasi ini Menteri Khofifah akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan seperti penyerahan Raskin secara simbolis kepada perwakilan RTM, bertemu tokoh  dan berdialog langsung dengan masyarakat adat tertinggal terkait berbagai hal dalam upaya pengentasan kemiskinan di negeri sagu ini.



Penulis: Doni Ruby Saputra
Editor  :rio
Sumber: Humas Meranti

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved