DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pendidikan Harus Cendrung Ke Arah Wirausaha

Editor : Rabu,18 Februari 2015 | 22:21:13 WIB
Pendidikan Harus Cendrung Ke Arah Wirausaha Ket Foto : ilustrasi :
PELITARIAU, Rengat - Dalam menerapkan proses belajar mengajar di sekolah, sudah seharusnya tenaga pendidik mengajarkan siswa-siwinya tentang berwira usaha, tujuannya adalah setelah siswa menyelesaikan pendidikan dasar, Pendidikan Menengah dan pendidikan Atas bisa menerapkan sambil berwirausaha di perguruan tinggi.
 
Demikian dikatakan Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 018 Desa Seraiwangi Kecamatan Peranap Kabupaten Inhu-Riau Nurlasmi Mpd kepada pelitariau.com Rabu (18/2). "Kemetrian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus meninjau kembali proses dan tujuan serta arah pendidikan Nasional, Terutama dalam rangka menuntaskan kemiskinan masyarakat warga Negara Indonesia," kata Nurlasmi.  
 
Menurut guru yang sudah berumur 43 tahun ini, Dinas pendidikan sudah harus lebih pokus saat menerapkan proses belajar mengajar kepada pendidik atau tenaga didik menjurus kewirausahaan, tujuannya agar dapat melahirkan siswa-siswi yang bermental kewirausahaan dan tidak menggantungkan diri menjadi Pegawai negeri Sipil (PNS). "Setelah menyelesaikan studi jadi PNS bukan tujuan, masih banyak peluang usaha-usaha yang menjanjikan," katanya.
 
Sesuai dengan tujuan kemerdekaan indonesia yang tercantum dalam Undang Undang Dasar (UUD) 1945, jelas Nurlasmi, Secara umum perlu digaris bawahi bahwa realisasi dari cita-cita tersebut belum tercapai apa yang telah dilakukan, terbukti dengan adanya  angka pengangguran yang masih tinggi, tidak tersedianya lapangan pekerjaan serta masih sangat kurangnya tenaga kerja yang tidak siap pakai.
 
Kondisi tersebut terjadi jelas Nurlasmi, karena pola pikir Pendidikan Nasional hanya untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja sebagai seorag pegawai pemerintah tetepi tidak menyiapkan untuk seorag wirausaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan menurutnya,, hasil surve membuktikan dimasyarakat 80% keinginan nya untuk bekarja menjadi pegawai negri sipil , 
 
Nurlasmi berpendapat, Solusi yang paling tepat untuk meningkat kan harkat dan martabat kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia ini harus di mulai dari sistim pendidikan, Peserta didik diberikan skil atau ilmu kewirausahaan maka akan menimbulkan SDm yang siap guna.***
 
Penulis: Rustadi
Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved