DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Tahan Menguap Lepaskan Bersin

Editor : Jumat,13 Februari 2015 | 09:24:00 WIB
Tahan Menguap Lepaskan Bersin Ket Foto : ilustrasi

Dalam hukum Islam jangan menahan bersin tapi tahanlah menguap. Karena perbuatan seperti ini adalah merupakan salah satu adab Rasulullah SAW yang pernah diajarkan untuk semua umatnya.


Sebagaimana sabda beliau. Dari Abu Hurairah. Nabi SAW, bersabda :”Bahwasanya Allah menyenangi bersin dari pada menguap. Maka ketika salah seorang dari kamu bersin dan memuji Allah berarti ia berhak didoakan oleh setiap orang Islam yang mendengarnya. Adapun menguap itu dari syetan dan tahanlah ia sekuatnya ketika salah seorang kamu menguap, karena hal itu ditertawakan oleh syetan” (HR. Bukhari)


Inilah hadits yang membahas tentang larangan menahan bersin dan tahanlah menguap, bahkan sangat dianjurkan apabila kita mendengar orang yang bersin, maka kita wajib menjawabnya apabila orang yang bersin mengucapkan Alhamdulillah.


Lantas apa jawaban untuk kita yang mendengar orang bersin. Ini dia jawabannya : “Ketika seseorang dari kamu bersin, maka hendaklah memuji Allah dengan ucapan : ALHAMDULILLAAH”, dan yang ada di sisinya hendaklah mengucapkan “YARHAMUKALLAAH (Mudah-mudahan Allah mengasihi anda)”. Dan ucapkanlah “YAHDIKUMULLAAH, WAYUSHALIH BAALAKUM (Semoga Allah menunjuki anda, dan membebasakan anda dari bala/cobaan)”, oleh yang bersin sesudah didoakan oleh saudara atau kawanya” (HR. Bukhari)


Kalimat di ataslah yang perlu anda ucapkan, adapun di dalam menguap kita harus menahan (menutup) sekuat mungkin dengan tangan kita. Sebagaiman sabda Rasulullah SAW :  “Ketika salah seorang kamu menguap, maka letakkanlah tangannya ke mulut, sebab syethan masuk lewat mulut tersebut” (HR. Muslim)

 

Diteruskan oleh: tony

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved